​Dirjen PHU Kemenag RI Lantik PPIH Embarkasi Surabaya

​Dirjen PHU Kemenag RI Lantik PPIH Embarkasi Surabaya Usai dikukuhkan, PPIH Embarkasi Surabaya foto bersama Dirjen PHU Kemenag RI. Foto: YUDI A/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama RI Nizar Ali melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Surabaya 2018 di Aula Bir Ali Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jl Manyar Kertoadi No 6, Selasa (10/7) malam.

Sebanyak 23 orang PPIH itu berasal dari berbagai unsur, seperti dari Pemprov Jatim, Kanwil Prov Jatim, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Prov Jatim, Polrestabes Surabaya serta Kantor Imigrsi Kelas 1 Surabaya.

Kemudian dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Juanda, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya, Unit Pelaksana Teknis Asrama Haji Surabaya, Kantor Otoritas Bandara Juanda dan Angkasa Pura 1 Bandara Juanda.

Dalam sambutannya, Nizar mengatakan bahwa PPIH sudah siap 100 persen dalam melayani yang terbaik kepara para jemaah haji. Karena hal tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya.

"Jadi, menurut Saya para Kakanwil sudah menyiapkan kesiapan untuk menyambut tamu-tamu Allah ini dengan sangat baik. Yang pertama dinilai sejak awal adalah di asrama haji, sehingga itu menjadi penting adanya koordinasi dan konsolidasi lintas lembaga (instansi) itu tadi," ucap Nizar.

Sementara itu, Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Syamsul Bahri menjelaskan bahwa PPIH Embarkasi Surabaya akan memberangkatkan 37.055 Calon Jemaah Haji (CJH) gabungan dari Provinsi Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur.

"Jumlah jemaah haji dari Jawa Timur sebanyak 35.270, jemaah haji dari Bali sebanyak 700 orang dan jemaah haji dari NTT sebanyak 670 orang. Ditambah petugas kelompok terbang (kloter) sebanyak 415 orang, jadi totalnya adalah 37.055 orang," kata pria yang juga menjabat sebagai Kakanwil Prov Jatim ini.

Syamsul menambahkan, sesuai rencana perjalanan haji (RPH) tahun 2018, jemaah haji kloter pertama akan masuk asrama haji mulai tanggal 16 Juli 2018. Dan kloter terakhir akan diberangkatkan tanggal 15 Agustus 2018.

Sedangkan awal kedatangan haji dari tanah suci di tanah air (Debarkasi Surabaya) dijadwalkan akan tiba pada tanggal 26 Agustus 2018, serta kedatangan terakhir pada tanggal 25 September 2018.

"Ada tiga kloter awal yang akan masuk Asrama Haji pada hari Senin, tanggal 16 Juli 2018. Mereka berasal dari Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi atas nama kloter 1, kloter 2 dan kloter 3. Ketiga kloter ini akan diberangkatkan ke tanah suci pada esok harinya (Selasa, 17/7/2018)," terangnya. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO