​Khofifah Effect, Kader Muslimat Berjaya di Pilkada Jatim

​Khofifah Effect, Kader Muslimat Berjaya di Pilkada Jatim Mochtar W. Oetomo, pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura. Foto : DIDI R/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lima kader berhasil memenangkan pertarungan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018. Kelima kader yang berhasil memenangkan pertarungan itu adalah adalah Ketua Umum PP Indar Parawansa yang terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur 2019-2024.

Kemenangan di Pilgub Jatim diikuti kader yang bertarung di Pilkada Kabupaten/Kota di Jatim. Dintaranya, Walikota terpilih Mojokerto Ika Puspitasari yang merupakan ketua bidang sosial PC Kabupaten Mojokerto. Mundjidah Wahab ketua PC Jombang, bupati terpilih jombang. Ana Muawanah sekretaris IV PP bupati terpilih Bojonegoro dan Lilik muhibah ketua PC Kota Kediri yang terpilih menjadi wakil walikota Kediri.

Menanggapi fenomena tersebut, pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura, Mochtar W. Oetomo menilai terpilihnya kader di beberapa Pilkada 2018 merupakan imbas dari adanya Effect yang bertarung di Pilgub Jatim 2018.

"Kejayaan muslimat di pilkada serentak 2018 ini tentu tdk lepas dari adanya effect yang sang ketua PP muslimat yang maju dalam konstestasi pilgub jatim utk yang ketiga kalinya," katanya pada Selasa (10/7).

Dia mengatakan, kegigihan dan gaya politik santun yang ditunjukkan  menjadi semangat dan inspirasi para kader untuk berjuang memenangkan Pilkada. Mereka pun percaya diri untuk bertarung merebut kemenangan.

" telah menberikan inspirasi pada banyak kader muslimat untuk percaya diri, tidak kenal menyerah meski sudah dua kali kalah," tambahnya.

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO