Selasa, 15 Juni 2021 04:39

​Pimpinan Dewan: Soal Sekdaprov Masih 'Domain' Pakde Karwo

Selasa, 10 Juli 2018 22:34 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Pimpinan Dewan: Soal Sekdaprov Masih
Pakde Karwo saat menerima kunjungan Khofifah ke DPD Partai Demokrat, beberapa waktu lalu. Foto : DIDI R/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Berakhirnya masa jabatan Ahmad Sukardi pada bulan depan, menjadi perbincangan hangat di lingkungan eksekutif maupun legislatif. Apalagi momen pensiunnya Sukardi bertepatan dengan berakhirnya Pilgub Jawa Timur yang dimenangkan oleh Khofifah Indar Parawansa.

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar menilai proses pergantian jabatan adalah hal yang lumrah, sehingga tak perlu menjadi polemik. Pimpinan Dewan ini juga menegaskan soal pengisian posisi Sekdaprov masih menjadi domain (ranah-red) Soekarwo selaku Gubernur Jatim.

Politikus asal Sumenep ini mengatakan, meski Khofifah sudah terpilih gubernur baru, namun kewenangan pemerintahan provinsi Jawa Timur masih tetap dipegang penuh Pakde Karwo hingga 12 Februari 2019 nanti. Untuk itu, terkait dengan rekruitmen Sekretaris Daerah Jawa Timur yang akan ditinggal pensiun Ahmad Sukardi Agustus nanti, masih akan difasilitasi oleh Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo) dengan transparan dan tanpa intervensi apapun.

“Proses penetapan calon Sekdaprov Jatim baru nanti dilakukan Panitia seleksi (Pansel) yang dibentuk oleh pemerintah pusat (Komisi ASN) dengan sepengetahuan Gubernur Soekarwo,” kata Iskandar, Selasa (10/7).

BACA JUGA : 

DPRD Jatim Minta Penyekatan dan Swab Massal di Suramadu Dilanjutkan Hingga Satu Bulan ke Depan

DPRD Jatim Sesalkan Ada Contoh Pacaran di LKS Madrasah Ibtidaiyah

DPRD Jatim Ingatkan Ledakan Covid-19 di Bangkalan Bisa Merembet ke Surabaya

Dewan Imbau Pemprov Jatim Libatkan Ulama Tangani Covid-19 di Bangkalan

Politikus berlatar birokrat ini menjelaskan dalam hal proses waktu berjalan perekrutan calon Sekdaprov, sangat wajar bila nantinya Gubernur Jatim Soekarwo melakukan komunikasi dengan Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa. Apalagi Pakde Karwo adalah Ketua DPD Partai Demokrat Jatim yang merupakan salah satu partai pengusung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim. Karena hal itu sebagai upaya untuk menjaga keberlangsungan pemerintah provinsi Jatim yang berkelanjutan atau suistanable of change.

“Apapun itu, pasti ada komunikasi yang baik antara Gubernur Pakde Karwo dengan Gubernur baru yang dilantik Maret 2019 nanti, supaya ada kesinambungan yang baik,” tandas anggota DPRD Jatim dua periode tersebut.

Untuk itu, politikus Partai Demokrat ini memastikan bahwa rekruitmen seleksi calon Sekdaprov Jatim berjalan dengan fair dan transparan. Karena dilakukan oleh Pansel yang berisi dari para akademisi. Iskandar juga meminta Pansel melaksanakan tugasnya dengan fair dan bersih dari kepentingan-kepentingan yang ada.

Tim Pansel diharapkan bekerja sesuai aturan perundangan yang berlaku untuk dasar perekrutan Sekdaprov seperti Peraturan Pemerintah 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Perpres 3/2018 tentang penjabat Sekretaris Daerah.

“Termasuk dalam menentukan syarat-syarat administrasi dan lain sebagainya. Jangan ada syarat lain diluar aturan yang ada,” ujar Iskandar.

Sejumlah nama pejabat dikabarkan sudah mendaftar seleksi calon sekdaprov sesuai dengan syarat kepangkatannya. Mereka adalah, Asisten II Sekdaprov Jatim Fattah Jasin, Kepala Bapenda Jatim Bobby Soemiarsono, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim Heru Tjahjono dan Kadishub Jatim Wahid Wahyudi. (mdr/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...