Ribuan Wisatawan Hadiri Yadnya Kasada 2018

Ribuan Wisatawan Hadiri Yadnya Kasada 2018 Warga mengambil persembahan dikawah Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (30/6).

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Puncak peringatan Yadnya Kasada yang dilaksanakan masyarakat Tengger, Probolinggo berlangsung meriah. Ribuan wisatawan menghadiri upacara persembahan di kawah gunung Bromo ini.

Sejak sebelum Subuh, ribuan masyarakat sudah berbondong-bondong menuju titik yang sama yakni puncak gunung Bromo. Dari penginapan masing-masing mereka menembus dingin, lautan pasir, dan ribuan anak tangga untuk bisa sampai ke puncak.

Sebelum sesaji dilempar ke kawah gunung, terlebih dahulu dilakukan doa dan permintaan para pengirim sesaji di Pure Poten lautan pasir Gunung Bromo. Doa ini dilakukan oleh para dukun adat setempat. Di dalam pura berkumpul 47 pemuka agama Hindu Tengger yang disebut dukun pandita, perwakilan dari 36 desa dari empat kabupaten di kawasan Lereng Gunung Bromo.

Yadnya Kasada dirayakan sebulan penuh pada bulan Kasada atau bulan ke-12 dari tahun Saka. Yadnya Kasada merupakan penghormatan warga terhadap leluhur mereka Roro Anteng dan Joko Seger yang mengorbankan anaknya yang ke-25 Raden Kusuma untuk dilarung ke dalam kawah. (dev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO