​112 Warga Binaan Lapas Blitar Tak Bisa Salurkan Hak Suara di Pilgub Jatim

​112 Warga Binaan Lapas Blitar Tak Bisa Salurkan Hak Suara di Pilgub Jatim TPS Mobile Bantu Pasien Salurkan Hak Suara.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 112 warga binaan di Lapas Kelas IIB Blitar, terpaksa tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jatim. Mereka diketahui merupakan warga binaan yang berasal dari luar kota.

Komisioner KPU Divisi Perencanaan Anggaran dan Program Data KPU Kota Blitar Choirul Umam mengatakan, pihaknya sudah melakukan kroscek di kabupaten dan kota tempat asal warga binaan tersebut dengan mengecek di aplikasi data pemilih (Sidalih). Namun mereka memang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga tidak bisa dikeluarkan formulir A5 nya. 

"Yang tidak terakomodir kebanyakan dari luar kota," jelas Umam, Rabu (27/6/2018).

Sementara untuk warga binaan yang berasal dari Kabupaten Blitar pihak KPU Kota Blitar tetap mengakomodir. Termasuk 67 orang yang harus mendapatkan suket (surat keterangan) dari Dispendukcapil Kabupaten Blitar agar bisa menyalurkan hak suaranya. Karena Lapas Kelas IIB Blitar memang berada di wilayah Kota Blitar sehingga menjadi tangung jawab KPU Kota Blitar.

"Warga binaan dari Kabupaten Blitar yang membutuhkan suket sebanyak 67 orang sudah kami akomodir dengan bekerjasama dengan Dispendukcapil Kabupaten Blitar. Dan memberikan A5 sebanyak 108 di lapas dewasa. Sedangkan 22 pemilih pemula di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Blitar juga tidak bisa memilih karena memang belum masuk DPT di daerah asalnya," imbuhnya.

Di Lapas Kelas II B Blitar sebanyak 343 napi memilih di TPS 11 Kepanjenlor yang berada di dalam Lapas. Namun mobile TPS 4,5 dan 6 Kepanjenlor akan memback up jika terjadi kekurangan surat suara. 

Sedangkan di LPKA Kls 1 Blitar, sebanyak 118 anak binaan juga bisa menyalurkan hak demokrasinya sebagai pemilih pemula. TPS 7 Karangtengah menfasilitasi hak pilih mereka yang didirikan didalam LPKA.

Sementara di Mapolresta Blitar, ada 23 tahanan yang juga ikut mencoblos dalam helatan Pilgub Jatim ini. Mobile TPS 1 Kepanjenlor akan menfasilitasi pemungutan suara di Mapolres mulai pukul 12.00 wib.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO