​Unggul Debat Publik III, Elektabilitas Khofifah-Emil Diprediksi Naik 4% Lagi

​Unggul Debat Publik III, Elektabilitas Khofifah-Emil Diprediksi Naik 4% Lagi Suasana debat publik III pemilihan gubernur-wakil gubernur Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (23/6/2018). Foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Surochim Abdussalam memprediksi pengaruh debat publik pemilihan gubernur-wakil gubernur Jawa Timur akan signifikan terhadap kenaikan elektabilitas pasangan calon (paslon).

“Prediksi saya debat tadi malam karena pamungkas bisa berpengaruh hingga 3% sampai 4%,” kata Surochim Abdussalam kepada bangsaonline.com, Ahad (24/6/2018). Artinya, paslon yang unggul dalam debat publik pilgub Jawa Timur pada 23 Juni 2018 yang disiarkan TVOne, BBSTV dan JTV itu akan mendapat tambahan 3% sampai 4% suara.

”Dalam situasi undecided voters 10,7% , angka kontribusi debat itu sangat signifikan,” tambah Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini. Undecided voters adalah responden yang belum menentukan pilihan.

Lalu siapa yang bakal mendapat berkah debat? Tampaknya pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak. Apalagi dalam dua kali debat publik sebelumnya pasangan Khofifah-Emil juga unggul atas pasangannya Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno Putri. Begitu juga dalam debat publik III.

“Debat publik III benar-benar menjadi panggungnya mas Emil. Kolaborasi yang ciamik antara generasi X dan Y,” kata Surochim. Ia menggambarkan Khofifah sebagai generasi X. Generasi X adalah generasi yang lahir di tahun 1965-1980 (usia 34 tahun ke atas).

Sedang Emil ia gambarkan sebagai generasi Y. Generasi Y ialah kelompok generasi yang berusia 34 tahun ke bawah atau sebut saja yang lahir pada periode tahun 80-an hingga 90-an. Generasi yang sudah sangat akrab dengan internet dan media sosial ini tidak takut dengan perubahan.

Sumber: MMA

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO