​Surat Terbuka, Bukti Komitmen Pakde Karwo Dukung Khofifah-Emil

​Surat Terbuka, Bukti Komitmen Pakde Karwo Dukung Khofifah-Emil Mochtar W. Oetomo, pengamat politik dari Untuk Unijoyo.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sikap politik Pakde Karwo terjawab sudah lewat surat terbuka yang ia tulis sebelum minggu tenang. Setelah sebelumnya juga muncul klaim kalau Gubernur Jatim dua periode itu juga mendukung pasangan selain Khofifah-Emil.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo (Unijoyo) Madura, Mochtar W. Oetomo menilai surat terbuka Soekarwo merupakan bukti nyata terhadap pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Dukungan itu dinilai wajar karena memang Khofifah-Emil tampil bagus di debat terbuka dan dinilai punya kemampuan memimpin Jatim.

"Ini semacam menjadi gong dari seluruh proses kontestasi pilgub Jatim yang ditunggu oleh publik Jatim selama ini. Karena bagaimanapun Pakde adalah pendulum utama politik Jatim," katanya, Ahad (24/6).

Mochtar menilai, dukungan itu dinilai akan menaikkan elektabilitas Khofifah-Emil yang sebelumnya sudah dinyatakan unggul dalam berbagai survei. Dia meyakini Pakde Karwo Effect akan berdampak positif dan mampu menarik dukungan.

"Pentingnya pakde effect dalam kontestasi pilgub jatim. dan di masa injury time ini Pakde memberikan jawabannya dengan sebuah jalinan oskestra yg manis," papar Mochtar.

Menurut pria berkaca mata ini, proses keluarnya ajakan Pakde Karwo menyerukan masyarakat Jatim tidak datang begitu saja. Didahului hasil beberapa lembaga survei yang hasilnya menunjukkan keunggulan KIP-Emil, disusul debat ke-3 yang mana KIP Emil mampu tampil bernas dan hamble, serta ditutup dengan gong manis dari maklumat Pakde.

Menurut Mochtar, maklumat Pakde Karwo tersebut menunjukkan bahwa ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu adalah politikus yang matang.

Mochtar melanjutkan, maklumat Pakde di masa injury time ini benar-benar menunjukkan kelas Pakde sebagai politikus yang komplit dan berpengalaman. Momentum yang tepat yang tentu saja akan sangat menguntungkan KIP-Emil memasuki masa tenang sebelum coblosan.

"Dengan maklumat Pakde Karwo di akhir masa kampanye ini bisa jadi akan menjadi semacam karpet merah buat KIP Emil sebelum memasuki Grahadi," pungkasnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya, pada hari Sabtu (23/6/2018) malam, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo menulis surat terbuka yang menyatakan dukungan kepada Khofifah-Emil. Surat itu dibacakan Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio usai acara debat publik ketiga. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO