​KPU Bangkalan Simulasikan Pungut dan Hitung Sebagai Sosialisasi dan Evaluasi

​KPU Bangkalan Simulasikan Pungut dan Hitung Sebagai Sosialisasi dan Evaluasi KPU Bangkalan gelar simulasi dan sosialisasi pungut dan hitung suara sekaligus evaluasi penyelenggara Pemilu yakni KPPS dan KPU. Tampak genangan air hujan membasahi halaman kantor KPU.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan menggelar simulasi dan sosialisasi pungut dan hitung suara sekaligus evaluasi penyelenggara pemilu bersama KPPS. Simulasi yang digelar di halaman kantor KPU dihadiri oleh Kapolres Bangkalan dan Forpimda lainnya, serta PPK dan sebagian KPPS.

Menurut Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis, Simulasi, dan Sosialisasi Mohammad Arbayanto, simulaisi ini digelar supaya proses di TPS ke depan tidak terganggu akibat kekurangan pahaman stakeholder, KPUD/KPPS, atau pemilih.

"Untuk memberikan pemahaman bagaimana mempergunakan hak pilihnya secara baik dan benar di TPS," tuturnya

Lanjutnya, simulasi hari ini juga untuk evaluasi dan juga memetakan persoalan yang muncul pada saat tahapan pungut dan hitung. Mengingat, ada berbagai jenis macam pemilih datang dengan aneka keadaan. Salah satunya, apabila ada pemilih yang mempergunakan formulir daftar pemilih tambahan (ATB) atau juga ada pemilih membawa e-KTP tapi tidak terdaftar dalam DPT, atau ada pemilih pindahan yang mempergunakan A5.

”Inilah pentingnya KPPS harus dapat memahami betul terhadap prosidur secara detil,” ungkapnya.

Ia mengungkapakan ada tiga elemen penting untuk mengonfirmasi bahwa orang yang datang sebenarnya orang yang ada di DPT, yakni C6, KTPE, dan Suket 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO