Rabu, 27 Januari 2021 14:37

Mahasiswa UM Ciptakan Permainan dan Media Pembelajaran Matematika Berbasis 3D dan Augmented Reality

Kamis, 21 Juni 2018 00:12 WIB
Editor: Redaksi
Wartawan: -
Mahasiswa UM Ciptakan Permainan dan Media Pembelajaran Matematika Berbasis 3D dan Augmented Reality

MALANG, BANGSAONLINE.com - Perkembangan zaman bergerak begitu pesat. Apabila kita tidak bisa mengimbanginya, bisa saja tergilas oleh keadaan yang semakin modern ini. Namun, apabila kita bisa memanfaatkan perkembangan tersebut, maka akan membuahkan hal positif, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Mindset itulah yang dibawa oleh tiga mahasiswa/i UM ini. Tangan mereka yang terampil berhasil menciptakan Victory of Culture Games (VOC-Games), yaitu media pembelajaran matematika berbentuk permainan berbasis 3D dan Augmented Reality

Menurut ilmuan Borko, Augmented Reality sendiri adalah pandangan secara langsung maupun tidak langsung dari benda secara fisik dengan menambahkan informasi kemudian dapat ditampilkan secara virtual. Sehingga benda maya dapat terintegrasi dalam dunia nyata. Apalagi untuk saat ini dunia maya seakan menjadi hal yang tidak bisa lepas dari manusia modern. Sehingga hadirnya ciptaan pemuda beralmamater UM ini harusnya bisa membantu pertumbuhan anak-anak belajar matematika.

Tiga mahasiwa/i itu adalah Binti Isti’towatul Isti’aroh (Binti) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Zainur Ridho Wahyu (Wahyu) Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Fitrah Izul Falaq (Izul) Jurusan Teknologi Pendidikan. Saat ini, permainan dan media pembelajaran ini juga sedang diikutkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa dan telah lolos pada tahap pendanaan.
Menurut Binti, VOC-Games dirancang dengan mengacu pada hasil analisa problematika belajar peserta didik yang selama ini takut terhadap mata pelajaran matematika, kemudian dikembangkan dengan mengoptimalkan segala jenis sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Selain itu VOC-Games juga memasukkan unsur pelestarian budaya yang dipadukan dengan teknologi berupa augmented reality sehingga mampu mengintegrasikan matematika dengan budaya secara nyata. 
Aturan permainannya adalah. (1) Pembentukan 4 Kelompok pemain secara berbeda. (2) Mekanisme permainan seperti permainan halma, berjalan dengan mengocok dadu secara bergiliran. (3) Jika berhenti di area lawan, pemain melakukan scanning barcode. (4) Penampilan soal berbasis 3D Augmented Reality. (5) Nominasi pemenang berdasarkan urutan poin tim tertinggi: 1. Tim Cerdas, 2. Tim Jenius, 3. Tim Hebat, 4. Tim Kompak.
Harapannya, dengan adanya media pembelajaran ini dapat membantu siswa agar senang belajar matematika dan mencintai budaya lokal. “Matematika bukan hanya soal angka, budaya juga bukan soal sejarah. Kolaborasi matematika dan budaya dapat menghadirkan mendidik karakter baik dengan pemikiran yang brilian.”, tutup Fitrah sebagai game developers. (*/red)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...