Kamis, 18 April 2019 22:20

​Program Pahlawan Ekonomi ala Risma akan Diadopsi di Jatim

Jumat, 15 Juni 2018 01:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
​Program Pahlawan Ekonomi ala Risma akan Diadopsi di Jatim
Puti Guntur Soekarno dalam satu kesempatan bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno akan melebarkan program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda, yang telah berjalan sukses di Kota Surabaya.

“Nanti Bu Risma yang akan jadi konsultan Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda di level Jawa Timur,” kata Puti di Kota Surabaya, Kamis (14/6/2018).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah menginisiasi program Pahlawan Ekonomi, sejak beberapa tahun lalu. Program ini telah berhasil mengangkat warga tidak mampu menjadi pelaku usaha sukses.

“Pahlawan Ekonomi memang dimulai dari kondisi kemiskinan. Harus ada tambahan penghasilan di keluarga, terutama dari ibu-ibu,” kata Risma.

Program ini praktis tidak mengambil dana APBD Kota Surabaya. Melainkan membuka keterlibatan perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN. Dengan cara memberi berbagai bentuk pelatihan, pendampingan dan bantuan akses pasar.

Sedang program Pejuang Muda bagi anak-anak muda. Mereka dilatih untuk memiliki bisnis rintisan. Di usia muda, mereka juga membuka jejaring sosial, termasuk memanfaatkan media sosial.

Cawagub Puti Guntur Soekarno tertarik mengadopsi terobosan Waliota Risma itu, dengan menerapkan di daerah-daerah lain.

“Jika Gus Ipul dan saya terpilih, kami akan menerapkan keberhasilan itu di daerah-daerah lain. Dan Bu Risma akan mendampingi,” kata Puti.

Pendampingan Wali Kota Risma sangat dibutuhkan, kata Puti, karena telah memiliki ‘best practice’ di Kota Surabaya.

“Adalah betul, angka kemiskinan di Jawa Timur harus ditangani, dengan kebijakan tepat, serta tidak melulu mengandalkan APBD Jawa Timur. Melainkan, dengan melibatkan perusahaan-perusahaan swasta dan BMUN,” kata Puti. (ian/rev).

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...