​Rukyatul Hilal di Banyuurip Tuban Tertutup Kabut

​Rukyatul Hilal di Banyuurip Tuban Tertutup Kabut Tim BHR Kantor Kemenag Tuban saat melakukan pemantauan hilal.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama menggelar Rukyatul Hilal untuk menentukan awal bulan Syawal 1939 Hijriah di menara pantau yang berlokasi di kawasan Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten . Kamis (14/6)

"Ini kewajiban melihat momentum merukyatul hilal untuk penentuan Syawal," ungkap perwakilan Kepala Kantor Kemenag , Ahmad Badrus Sholeh.

"Ketinggian hilal menunjukkan 7°. 39.22 derajat, sedangkan untuk Rukyat akan terjadi pada pukul 17.26.47WIB - 17.56.42 WIB bersamaan terbenamnya matahari. Tim BHR ada waktu 29 menit lebih melihat hilal. Jika dikehendaki Allah, hilal muncul di posisi sebelah selatan matahari. Keadaan hilal miring keselatan di posisi 10° 31 45 42. Dan dipastikan masuk awal bulan Syawal terjadi nanti," ungkap tim BHR Kantor Kemenag Nur Fuad.

"Sampai pelaksanaan rukyat hilal pada pukul 17.26.46 - 17.56.42 WIB usai dengan durasi waktu 29 menit oleh tim BHR Kantor Kemenag , disimpulkan bahwa Hilal belum wujud di Banyuurip, ," kata Ketua I tim BHR dan Penyelenggara Sariyah Kemenag , Mashari.

Masrahi mengungkapkan jika di Banyuurip hilal tertutup kabut. Namun, lanjutnya, di tempat lain seperti Gresik dan Makassar sudah dapat melihat hilal.

Rukyatul hilal ini dihadiri perwakilan Forkopimda, Forkopimka, BMKG, MWC NU, MUI dan perwakilan instansi dan ormas Islam. (ahm/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO