​Jaga Toleransi, Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro Gelar Buka Puasa Bersama

​Jaga Toleransi, Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro Gelar Buka Puasa Bersama Antusias warga sekitar Klenteng memadati lokasi buka puasa bersama di Klenteng Hok Swie Bio, Jumat (8/6) sore.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Warga Tri Dharma yang terdiri dari keturunan yakni, Konghucu, Budha dan Tionghoa di , Jawa Timur, memiliki cara tersendiri untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

Setiap bulan suci ramadan tiba, mereka menyediakan makanan buka puasa gratis bagi umat muslim maupun umat lainnya di , tepatnya setiap hari Jumat.

Seperti yang terlihat pada, Jumat (8/6) sore, antusias warga sekitar Klenteng memadati lokasi buka puasa bersama di Klenteng Hok Swie Bio yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota itu.

Buka puasa bersama ini diselenggarakan setiap hari Jumat pada bulan ramadhan. Uniknya, umat muslim yang datang mengikuti buka puasa bersama di Klenteng Hok Swie Bio dari tahun ke tahun terus bertambah.

Mereka tampak guyub rukun dengan warga keturunan Tionghoa. Mulai anak-anak, ibu rumah tangga, hingga pemuda dan orang tua jadi satu menikmati makan gratis yang disediakan pihak Klenteng. Menunya pun selalu sama setiap jumatnya, yakni nasi rawon dan es blewah.

"Tujuannya agar umat satu dengan lainnya saling menghargai. Semakin tumbuh rasa toleransi dan rasa saling menghormati antar umat beragama di , sehingga mampu menjalin kebersamaan dengan baik," kata Tan Tjien Hwat selaku ketua TITD Hok Swie Bio usai buka puasa bersama.

Lanjut dia, dengan diadakannya buka puasa bersama itu diharapkan dapat terbentuknya rasa keharmonisan antar umat beragama di . "Tentu juga agar selalu damai, dan guyub rukun," tambahnya.

Tan menambahkan, setiap Jumat pengurus Klenteng menyediakan sebanyak 500 porsi nasi rawon. Hebatnya lagi, kegiatan buka puasa bersama tersebut sudah berjalan selama 15 tahun terakhir. (nur/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO