​Sosialisasi Perda, Mega Bagus Ajak UMKM Gabung di BUMDes

​Sosialisasi Perda, Mega Bagus Ajak UMKM Gabung di BUMDes Anggota Fraksi PDIP Bagus Mega Saputra saat sosialisasi Perda BUMDes. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK,BANGSAONLINE.com - merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki banyak Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, IKM dan UMKM tersebut selama ini belum tertata dengan baik, meski beberapa di antaranya sudah membentuk paguyuban.

Hal inilah yang mencoba ditangkap oleh anggota DPRD Fraksi PDIP Mega Bagus Saputro. Ia mengajak IKM/UMKM agar bergabung dalam wadah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengembangkan usaha dan pemasarannya.

"Saya berharap IKM/UMKM yang sudah saya bantu program jariang aspirasi (Jasmas) bisa berkumpul dalam wadah BUMDes," ujar Mega Bagus Saputra di saat sosialisasi peraturan perundangan Perda Nomor 3 Tahun 2017 tentang BUMDes di Kantor DPC PDIP , Jalan Panglima Sudirman.

Menurut Bagus, Pemkab saat ini tengah menggerakkan masyarakat desa, khususnya desa-desa yang di daerahnya mempunyai potensi untuk digali sektor pendapatannya melalui pendirian BUMDes. Potensi itu baik dari sektor IKM/UMKM, obyek wisata, dan usaha lain. 

"Keberadaan BUMDes tersebut dapat membawa dampak positif makin bisa meningkatkan kesejahteraan anggota. Dan yang penting lagi usaha makin bisa berkembang sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan," paparnya. 

"Di Kabupaten saat ini telah berdiri sejumlah BUMDes besar yang telah sukses dan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat untuk modal pengembangan usaha yang digelutinya seperti BUMDes di wilayah Panceng. Makanya, kami berharap keberadaan BUMDes tersebut bisa dicontoh BUMDes yang baru berdiri," pungkasnya. (hud/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO