​Prajurit Koarmada II Peringati Nuzulul Quran

​Prajurit Koarmada II Peringati Nuzulul Quran Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Al Mahdi Mako Koarmada II, Ujung Surabaya, Selasa (5/6).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Inspektur Koarmada (Irarmada) Kolonel Laut (T) Amrein mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono menghadiri Peringatan Tahun 1439 H/ 2018 M. Acara ini bertempat di Masjid Al Mahdi Mako Koarmada II, Ujung Surabaya, Selasa (5/6).

Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, peringatan mengusung tema, “Dengan Hikmah Puasa Ramadhan, dan Idul Fitri 1439 H/ 2018 M Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT sebagai Landasan Moral dalam Melaksanakan Tugas Pokok TNI”.

Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. KH. Syaiful Jazil sebagai penceramah. Sedangkan tilawatil Quran di bacakan oleh Koptu TTG Muhammad Zainul Abidin.

Selanjutnya, Pangkoarmada II dalam amanat yang dibacakan oleh Irarmada II menyampaikan, “Peringatan merupakan sarana yang efektif untuk memahami secara lebih mendalam makna yang terkandung di dalam kitab suci Alquran. Peristiwa peringatan (turunnya Al Quran) terjadi di bulan Ramadan, tepatnya tanggal 17 Ramadhan, sehingga bulan amadan juga dikenal sebagai bulannya Alquran atau Syahrul Quran”.

Lanjutnya, peristiwa merupakan peristiwa monumental dimana Allah SWT telah menurunkan Alquran di bulan Ramahan dengan dua tahap. Tahap pertama Alquran diturunkan dari Lauhil Mahfud ke Baitul Izza atau langit dunia secara global, yaitu pada malam Lailatul Qodar. Kemudian dari Baitul Izza atau langit dunia berangsur-angsur diturunkan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada umatnya, dengan surat Al Alaq sebanyak lima ayat. Adapun ayat pertama yang diturunkan berbunyi “Iqro” yang artinya bacalah.

Menutup sambutannya, Pangkoarmada II mengatakan bahwa Alquran sebagai petunjuk bagi manusia, bukanlah sekadar teks yang hanya untuk dibaca melainkan semestinya untuk diamalkan. (*) 

Sumber: Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO