Selasa, 15 Oktober 2019 19:29

"Mekdisepur", Media untuk Kenalkan Unsur Kimia Bagi Penyandang Disabilitas Karya Mahasiswa UM

Minggu, 03 Juni 2018 04:59 WIB
Editor: Redaksi
Wartawan: -
"Mekdisepur", Media untuk Kenalkan Unsur Kimia Bagi Penyandang Disabilitas Karya Mahasiswa UM
Deni Ainur Rokhim, Mochmad Khoirul Rifai, dan Rosida Amalia menunjukkan karyanya yang diberi nama Mekdisepur. foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Tiga Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menciptakan Media 3D Sistem Periodik Unsur untuk penyandang disabilitas mental yang diberi nama “Mekdisepur”. Media yang berwujud papan periodik unsur kimia dengan permukaan timbul, dilengkapi dengan sistem audio ini merupakan alat pembelajaran inovatif bagi penyandang disabilitas.

Adalah Deni Ainur Rokhim (Pendidikan Kimia, 2016), Mochmad Khoirul Rifai (Fisika, 2016), dan Rosida Amalia (Pendidikan, 2015) yang menginisiasi penciptaan media ini. Berkat karyanya tersebut, ketiganya lolos untuk pendanaan PKM 5 bidang yang didanai oleh Kemenristekdikti.

“Ide awal Mekdisepur berasal dari pengembangan ide senior yang belum sempat lolos, sehingga kami dan dosen pembimbing merombak kembali karya tersebut,” ungkap Deni.

“Media ini diwujudkan untuk membantu proses belajar-mengajar bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh siswa regular pada umumnya,” tandasnya.

Dia menjelaskan bahwa tercetusnya Mekdisepur dilatarbelakangi atas potret dunia pendidikan bagi kaum disabilitas yang belum mendapatkan akses khusus, sehingga membuat jalannya proses belajar-mengajar agak terhambat.

(Tampilan Mekdisepur)

Dalam penelitian ini, Deni mengungkapkan jika tim dibimbing oleh M. Muchson yang telah berkecimpung dan berpengalaman di bidang media pendidikan.

Dengan pendanaan yang diberikan oleh Kemenristekdikti sebesar 7,8 juta, ia menargetkan jika media tersebut tersebut bisa terealisasi akhir bulan Mei.

“Proses persiapan cukup mepet mulai dari pembuatan proposal penelitian, sempat pula terjadi perubahan susunan tim. Di sisi lain, proses pembuatan media juga mengalami kesulitan di bagian proses perekaman. Informasinya harus disesuaikan dengan materi yang real serta pengucapan atau intonasi audio harus diselaraskan. Namun, semua itu bisa tertangani dengan baik,” lanjut Deni.

Deni mengungkapkan jika media tersebut saat ini sudah mulai disosialisasikan, seperti yang dilakukan di Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Kota Malang yang merupakan tempat pembinaan dan pembelajaran bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Harapan jangka panjang dari project ini adalah adanya dukungan dari Dirjen Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) serta Dinas Pendidikan Kota Malang guna menyosialisasikan Mekdisepur sehingga dapat digunakan dalam ranah luas untuk membantu proses belajar terkait pengenalan materi unsur-unsur kimia bagi penyandang disabilitas mental. (*)

Sumber: *Pers Rilis
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...