"Mekdisepur", Media untuk Kenalkan Unsur Kimia Bagi Penyandang Disabilitas Karya Mahasiswa UM

"Mekdisepur", Media untuk Kenalkan Unsur Kimia Bagi Penyandang Disabilitas Karya Mahasiswa UM Deni Ainur Rokhim, Mochmad Khoirul Rifai, dan Rosida Amalia menunjukkan karyanya yang diberi nama Mekdisepur. foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Tiga Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menciptakan Media 3D Sistem Periodik Unsur untuk penyandang disabilitas mental yang diberi nama “Mekdisepur”. Media yang berwujud papan periodik unsur kimia dengan permukaan timbul, dilengkapi dengan sistem audio ini merupakan alat pembelajaran inovatif bagi penyandang disabilitas.

Adalah Deni Ainur Rokhim (Pendidikan Kimia, 2016), Mochmad Khoirul Rifai (Fisika, 2016), dan Rosida Amalia (Pendidikan, 2015) yang menginisiasi penciptaan media ini. Berkat karyanya tersebut, ketiganya lolos untuk pendanaan PKM 5 bidang yang didanai oleh Kemenristekdikti.

“Ide awal Mekdisepur berasal dari pengembangan ide senior yang belum sempat lolos, sehingga kami dan dosen pembimbing merombak kembali karya tersebut,” ungkap Deni.

“Media ini diwujudkan untuk membantu proses belajar-mengajar bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh siswa regular pada umumnya,” tandasnya.

Dia menjelaskan bahwa tercetusnya Mekdisepur dilatarbelakangi atas potret dunia pendidikan bagi kaum disabilitas yang belum mendapatkan akses khusus, sehingga membuat jalannya proses belajar-mengajar agak terhambat.

Sumber: *Pers Rilis

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO