Senin, 06 Juli 2020 09:18

"Mekdisepur", Media untuk Kenalkan Unsur Kimia Bagi Penyandang Disabilitas Karya Mahasiswa UM

Minggu, 03 Juni 2018 04:59 WIB
Editor: Redaksi
Wartawan: -
"Mekdisepur", Media untuk Kenalkan Unsur Kimia Bagi Penyandang Disabilitas Karya Mahasiswa UM
Deni Ainur Rokhim, Mochmad Khoirul Rifai, dan Rosida Amalia menunjukkan karyanya yang diberi nama Mekdisepur. foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Tiga Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menciptakan Media 3D Sistem Periodik Unsur untuk penyandang disabilitas mental yang diberi nama “Mekdisepur”. Media yang berwujud papan periodik unsur kimia dengan permukaan timbul, dilengkapi dengan sistem audio ini merupakan alat pembelajaran inovatif bagi penyandang disabilitas.

Adalah Deni Ainur Rokhim (Pendidikan Kimia, 2016), Mochmad Khoirul Rifai (Fisika, 2016), dan Rosida Amalia (Pendidikan, 2015) yang menginisiasi penciptaan media ini. Berkat karyanya tersebut, ketiganya lolos untuk pendanaan PKM 5 bidang yang didanai oleh Kemenristekdikti.

“Ide awal Mekdisepur berasal dari pengembangan ide senior yang belum sempat lolos, sehingga kami dan dosen pembimbing merombak kembali karya tersebut,” ungkap Deni.

“Media ini diwujudkan untuk membantu proses belajar-mengajar bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh siswa regular pada umumnya,” tandasnya.

Dia menjelaskan bahwa tercetusnya Mekdisepur dilatarbelakangi atas potret dunia pendidikan bagi kaum disabilitas yang belum mendapatkan akses khusus, sehingga membuat jalannya proses belajar-mengajar agak terhambat.

(Tampilan Mekdisepur)

Dalam penelitian ini, Deni mengungkapkan jika tim dibimbing oleh M. Muchson yang telah berkecimpung dan berpengalaman di bidang media pendidikan.

Dengan pendanaan yang diberikan oleh Kemenristekdikti sebesar 7,8 juta, ia menargetkan jika media tersebut tersebut bisa terealisasi akhir bulan Mei.

“Proses persiapan cukup mepet mulai dari pembuatan proposal penelitian, sempat pula terjadi perubahan susunan tim. Di sisi lain, proses pembuatan media juga mengalami kesulitan di bagian proses perekaman. Informasinya harus disesuaikan dengan materi yang real serta pengucapan atau intonasi audio harus diselaraskan. Namun, semua itu bisa tertangani dengan baik,” lanjut Deni.

Deni mengungkapkan jika media tersebut saat ini sudah mulai disosialisasikan, seperti yang dilakukan di Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Kota Malang yang merupakan tempat pembinaan dan pembelajaran bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Harapan jangka panjang dari project ini adalah adanya dukungan dari Dirjen Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) serta Dinas Pendidikan Kota Malang guna menyosialisasikan Mekdisepur sehingga dapat digunakan dalam ranah luas untuk membantu proses belajar terkait pengenalan materi unsur-unsur kimia bagi penyandang disabilitas mental. (*)

Sumber: *Pers Rilis
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...