​Ke Thaif, Jamaah Amanatul Ummah Kunjungi Istana Syubro dan Makam Abdullah Ibnu Abbas

​Ke Thaif, Jamaah Amanatul Ummah Kunjungi Istana Syubro dan Makam Abdullah Ibnu Abbas Istana Syubro di kota Thaif. Foto: MMA/bangsaonline.com

THAIF, BANGSAONLINE.com - Jika Saudi Arabia sangat panas menyengat, ternyata kota Thaif justru sangat sejuk meski sinar matahari menerpa bumi. Saat rombongan jamaah Amanatul Ummah melaksanakan umroh suhu di Makkah sempat mencapai 46 derajat celsius meski kemudian turun menjadi 33 derajat celsius.

Ajaibnya, ketika jamaah Amanatul Ummah ke Thaif justru merasakan hawa sejuk dan penuh pemandangan indah. ”Jadi meski panas terasa sejuk,” kata Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, saat memimpin rombongan jamaah Amanatul Ummah pergi ziarah ke beberapa tempat bersejarah di Thaif.

Kota Thaif memang wilayah pertanian yang subur. Banyak buah dan sayur dihasilkan dari bumi Thaif. Kota yang terletak di antara lembah Asir dan Al-Hada ini banyak menghasilkan buah delima, kurma, dan bahkan juga pohon zaqqum seperti tercantum dalam surat al-Waqiah ayat 52-56.

Kota yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Makkah ini ditempuh sekitar 1,5 jam naik bus dari kota Makkah. Kota Thaif berada di dataran tinggi Saudi Arabia. Ada yang menyebut berada di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut.

Karena kesejukannya itu, kota Thaif sangat disukai para raja dan orang kaya atau konglomerat. Bahkan kota Thaif disebut sebagai “Qoryatul Muluk” atau kampung raja atau desa raja karena banyak istana peristirahatan raja di kota ini. Kabarnya, para raja dan konglomerat di Saudi Arabia banyak memiliki villa di daerah As-Safa.

”Kini Thaif oleh Arab Saudi dijadikan salah satu kota pariwisata,” tutur Dr Mauhibur Rokhman, pemandu jamaah umroh Amanatul Ummah kepada bangsaonline.com saat keluar dari Istana Syubro. Rencananaya kota Thaif akan dijadikan tempat pendaratan jamaah haji. Karena itu berbagai infrastruktur termasuk bandara internasional mulai dipersiapkan.

Para jamaah umroh Amanatul Ummah memang sempat mengunjungi Istana Syubro. Di istana tiga lantai itu para jamaah umroh diberi kebebasan untuk menyaksikan benda-benda bersejarah seperti tempat duduk dan meja raja, tustel kuno, pedang, dan sebagainya.

Gus Muhib, panggilan Mauhibur Rokhman, menjelaskan bahwa Thaif termasuk wilayah ketat karena kota ini merupakan salah satu wilayah pertahanan Saudi Arabia. ”Banyak persenjataan militer Saudi Arabia ada di Thaif,” kata Gus Muhib yang bertindak sebagai penerjemah saat pihak pariwisata pemerintahan Saudi Arabia menjelaskan tentang istana Subro kepada jamaah Amanatul Ummah. Karena itu, tutur Gus Muhib, kini selalu ada guide resmi dari pemerintah Saudi Arabia untuk mengantar para jamaah yang berkunjung ke Thaif.

Sumber: MMA

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO