Baju Koko di Film Black Panther milik Marvel Jadi Tren di Indonesia

Baju Koko di Film Black Panther milik Marvel Jadi Tren di Indonesia Baju Koko Black Panther. foto: quartzy.qz.com

LONDON, BANGSAONLINE.com – Maraknya baju Koko dengan pola seperti yang dipakai tokoh Black Panther besutan Marvel di Indonesia, sampai menggaung di dunia.

Marvel's Black Panther adalah salah satu film tersukses sepanjang masa. Dirilis awal tahun ini, pendapatannya telah melampaui 1,3 miliar dolar di box office seluruh dunia. 

Di Indonesia, pemirsa telah memperhatikan betapa miripnya kemeja yang terlihat dalam film tersebut menyerupai kemeja koko tradisional yang biasa dikenakan pria Muslim, terutama selama Ramadan.

Khususnya, kaos hitam kerah hitam lengan panjang yang dipakai oleh pahlawan film, T’Challa (diperankan oleh Chadwick Boseman) telah menjadi viral bagi pemirsa Indonesia. Meski, para pengusaha di Indonesia memodif baju itu sedemikian rupa.

Tentu saja, film ini diambil dari budaya Afrika, bukan Indonesia, seperti yang dijelaskan oleh Ruth E. Carter, perancang kostum film, dalam wawancara bulan Februari kepada Ringer. Tetapi bagi orang Indonesia yang menonton film atau trailer, gaya itu segera terlihat sangat akrab.

Bisa ditebak, wirausahawan telah menjual versi baju ini kepada orang Indonesia yang ingin memilikinya. Kios-kios penjual di Tanah Abang yang merupakan pasar terluas di Jakarta dan dikenal grosir pakaian dan tekstil menjadi pasar tertinggi baju tersebut.

Bahkan sebelum Ramadhan, yang dimulai minggu lalu, ini telah terjual hebat di Indonesia, muncul sekitar waktu debut film itu pada bulan Februari.

Sumber: quartzy.qz.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO