Rabu, 21 November 2018 01:45

​Alumni Unair Malang Raya Sebar Bantuan untuk Ratusan Yatim Piatu

Minggu, 20 Mei 2018 12:59 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: -
​Alumni Unair Malang Raya Sebar Bantuan untuk Ratusan Yatim Piatu
Di bulan Ramadan ini beberapa tempat ibadah mendapat bantuan dari alumni Unair Malang Raya.

MALANG, BANGSAONLINE.com – Sebagian yatim piatu di Malang dan sekitarnya pada bulan Ramadan bisa tersenyum merayakannya. Pasalnya, Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair) Cabang Malang Raya menebar bantuan sosial kepada sejumlah panti asuhan, pondok pesantren, dan tempat-tempat ibadah.

Setidaknya ada empat panti asuhan yang dikunjungi dan mendapat bantuan. Empat panti asuhan tersebut adalah Yayasan Panti Asuhan dan LKSA Al Ikhlas di Desa Brangkal, Kecamatan Pagelaran. Kemudian, Panti Asuhan Anak Yatim dan Dhuafa As Salam di Desa Rejoyoso, LKSA Al Raudhah, Desa Srigonco. Keduanya berada di Kecamatan Bantur. Dan Yayasan Sosial Islam Tujuh Desa Pagedangan, Kecamatan Turen.

Ratusan anak yatim piatu dan dhufa mendapatkan bantuan kegiatan sosial yang diadakan Ika Unair ini. Selain panti asuhan, para pengurus Ika Unair Cabang Malang Raya juga memberikan bantuan kepada musala-musala.

“Waktunya memang insidentil. Kapan dan siapa saja yang bisa berangkat, kita kerjakan bersama-sama. Ini hit and run di bulan Ramadan,” ungkap Yuyun Choirunnisa, salah satu pengurus Ika Unair Cabang Malang Raya, Minggu (20/5).

Menurut Yuyun, demikian akrab dipanggil, tahun lalu hanya menyebar paket perlengkapan ibadah saja. Namun untuk tahun ini ditambahi dengan paket sembako dan uang tunai untuk yatim piatu.

Sasaran panti asuhan berasal dari rekomendasi Dinas Sosial setempat. Sedangkan untuk musala dilakukan hunting on the road. Sementara, donasi yang digunakan berasal dari donatur para anggota, pengurus, maupun partisipasi pihak lain.

Ustad Adam dari Ponpes dan Panti Asuhan Raudhah, Bantur, sangat berterima kasih atas bantuan dari para alumni Unair Malang Raya ini. Menurutnya, masih banyak pondok pesantren yang memprihatinkan dan berada di wilayah pelosok Kabupaten Malang. “Ini merupakan bentuk kepedulian sesama muslim di bulan Ramadan,” tukasnya.

Menurut Yuyun, untuk membagikan bantuan sosial ini kondisi medan menuju beberapa panti asuhan dan pondok pesantren memang memprihatinkan. “Meski demikian, melihat kondisi anak-anak panti asuhan ini membuat kami tetap semangat untuk terus membagikan bantuan. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. (rd) 

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Senin, 19 November 2018 11:17 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...