​Khofifah: Teroris Itu Faktual Ada

​Khofifah: Teroris Itu Faktual Ada Khofifah saat menyambangi pedagang Pasar Pahing di Rungkut Kidul, Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur (Cagub) Jatim Indar Parawansa melihat bahwa terorisme itu faktual ada. Untuk itu, dirinya menekankan pentingnya tokoh pendidikan guna menangkal ideologi radikalisme tersebut.

"Teror itu ada. Teroris faktual ada. Menurut saya tokoh pendidik harus menyampaikan ke anak didiknya. Jadi mulai PAUD, TK, SD sampai SMA. Kalau sudah perguruan tinggi relatif berkenala dengan pikiran mereka sendiri," ujar saat melakukan kunjungan ke Pasar Pahing, di Rungkut Kidul, Kamis (17/5).

Salah satu yang perlu disampaikan, menurut , yakni tentang makna hidup untuk saling memberikan manfaat. Itu penting, sebagai upaya memberikan pemahaman bahwa mereka hidup harus menghidupkan sesamanya. Bukannya sebaliknya mematikan satu dengan yang lain.

"Saya tadi malam kebetulan hadir di rumah duka Evan dan Nathan (korban bom Gereja Santa Maria Tak Bercela). Dia tidak tahu sebetulnya yang terjadi, pergesekan diantara yang mereduksi sisi kemanusiaan. Semua jadi perhatian bahwa ada sisi kemanusiaan bahwa mereka harus lakukan koreksi bersama," jelasnya.

Sebab, masalah ini membutuhkan perhatian semua pihak. Tidak bisa hanya mengandalkan guru agama saja, tapi juga guru yang lain.

"Guru Fisika, Olahraga dan Matematika, semua harus mendeskripsikan nilai harmoni, nilai kemanusiaan dan nilai kebinekaan dalam Pancasila," bebernya.

Sementara mengenai pemilihan guru agama, mengingatkan, jangan salah pilih guru agama.

Menanggapi berubahnya skema pengeboman yang mulai mengajak anak-anak, mantan menteri sosial tersebut menegaskan, ada doktrin yang cukup kuat. Misalkan mati sahid bersama, kemudian bakal bertemu di surga sekeluarga. Doktrin seperti itulah yang tertanam kuat. Tidak hanya kepada orang tua selaku terduga pelaku bom, tetapi juga kepada sang anak.

"Oleh karena itu, kalau mencari guru yang benar. Jadi itu penting supaya menunjukkan bahwa Agama Islam rahmatan Lil alamin. Menyemai damai. Kita haru mengingatkan untuk mencari guru yang bisa ajarkan itu," tandasnya. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO