​Berangkat Haji ke Makkah dengan Bersepeda Pancal

​Berangkat Haji ke Makkah dengan Bersepeda Pancal Bismillah.... labbaika.. Allahumma Labbaika... foto: aboutislam

KULIM, BANGSAONLINE.com - Suliman Abd Lah (47) dari Padang Serai, distrik Kulim, Malaysia Barat, memulai perjalan menuju Makkah untuk berhaji dengan mengendarai pancal. Dia berangkat dari kampung halamannya, Minggu, 8 April lalu.

“Saya pertama kali merencanakan ini tujuh tahun lalu. Dan sekarang, setelah dua tahun pelatihan dengan bantuan para profesional, saya akhirnya dalam perjalanan,” ujarnya kepada New Straits Times.

“Saya beri nama perjalanan ini 'Kembara Menuju Lambaian Kaabah 2018' (Ber Menuju Ka`bah),” tambah dia.

Memulai perjalanannya, Abd Lah membawa sekantong peralatan, makanan, dan Alquran. Menurut New Straits Times itu, dia akan menggunakan masjid sebagai tempat istirahatnya dan berencana untuk membaca Alquran sepanjang perjalanannya.

Menyeberangi benua Asia untuk mencapai Makkah, ia akan melakukan perjalanan sekitar 10.000 kilometer dari Changlung, sebelum tiba di Mekah pada 16 Juli.

Muslim dari seluruh dunia datang ke Makkah setiap tahun untuk melakukan haji, salah satu dari lima rukun Islam.

Abd Lah mengatakan dia menghabiskan satu bulan untuk mempelajari rute yang akan dilalui. Dia juga disarankan oleh guru agama untuk ber pada hari Jumat. “Keluarga dan teman-teman saya sangat mendukung misi saya. Saya juga telah menerima berbagai sponsor, termasuk dari majikan saya (PLUS Malaysia Berhad), Tim Ber Terengganu (TSG), dan teman-teman saya di Harian Metro,” katanya.

Dia berharap perjalanan yang menguras fisik dan mental ini sukses, karena dia harus berani menghadapi berbagai macam negara, yakni Thailand, Myanmar, Bangladesh, India, Pakistan, Iran, UAE dan akhirnya, Arab Saudi.

“Saya siap menghadapi ini karena ini adalah bagaimana saya ingin memenuhi kewajiban saya ke rukun Islam kelima. Saya memilih untuk ber di sana karena saya ingin mengalami keindahan agama dan ciptaan Allah di sepanjang perjalanan,” katanya.

"Saya berharap orang-orang Malaysia akan mengucapkan doa untuk saya dan mengucapkan selamat dalam perjalanan ini," kata Suliman, yang telah menjadi pengendara selama hampir 30 tahun.

Sumber: aboutislam.net

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO