​Menang pada 4 Lembaga Survei, 45,5 Persen Warga NU dan 49,8 Kader PKB Pilih Khofifah-Emil

​Menang pada 4 Lembaga Survei, 45,5 Persen Warga NU dan 49,8 Kader PKB Pilih Khofifah-Emil Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak ziarah ke makam Marsinah saat peringatan May Day, Selasa (1/5/2018). foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sikap KH Hasan Mutawakkil Alallah, Ketua PWNU Jawa Timur dan beberapa kiai di jajaran PWNU Jatim yang terang-terangan mendukung pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarnoputri dalam , ternyata tak berpengaruh terhadap warga NU. Buktinya, 45,5 persen warga NU malah memilih pasangan no. 1 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak. Warga NU yang memilih Gus Ipul-Puti 39 persen. Sementara 15,5 persen tak menjawab.

Bahkan para pendukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lebih fantastis lagi. Sebanyak 49,8 persen warga PKB mendukung Khofifah-Emil. Hanya 40,9 persen yang mendukung Gus Ipul-Puti. Padahal PKB adalah partai pengusung utama Gus Ipul-Puti. Sedang 9,8 persen tak menjawab.

Itulah hasil survei Populi Center yang dilakukan pada 22-28 April 2018 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Survei mengambil sampel 800 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error kurang lebih 3,39 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Dalam survei populi center ini elektablitas Khofifah-Emil unggul 5,2 persen dari pasangan Gus Ipul-Puti. Khofifah-Emil Dardak 44 persen. Gus Ipul-Puti 38,8 persen. Yang tidak menjawab 17,3 persen. 

Yang menarik, yang hasilnya memenangkan Khofifah-Emil tidak hanya Populi Center. Sebelumnya lembaga Surabaya Survey Center (SSC) juga mengungkap kemenangan Khofifah-Emil sebesar 1,9 persen. Menurut SSC, tren kenaikan Khofifah sangat signifikan yaitu 6,7 persen. Sedang tren kenaikan Gus Ipul-Puti 3 persen.

Bahkan lembaga Poltracking juga memenangkan Khofifah-Emil. Hasil survei Poltracking menyebut sebanyak 50,5 persen pemilih PKB memilih Khofifah-Emil Dardak. Sedang yang milih Gus Ipul-Puti 42 persen. Sementara 7,5 persen belum menentukan pilihan.

Sumber: Tim

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO