Jelang May Day, Ini Imbauan Kapolres Pacitan kepada Para Buruh

Jelang May Day, Ini Imbauan Kapolres Pacitan kepada Para Buruh Kapolre Pacitan AKBP Setyo Kus Heriyatno.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Pacitan cukup intens melakukan pengamanan menjelang peringatan se-dunia yang jatuh pada Selasa (1/5) besok. Hal itu dikarenakan peringatan () sering dijadikan sebagai ajang untuk demonstrasi atau unjuk rasa dari sebagian serikat buruh.

Mereka acap kali menyampaikan aspirasi menuntut kesejahteraan yang dianggap masih jauh dari layak. Aksi massa ini dinilai cukup berpotensi menimbulkan kemacetan dan bahkan konflik sosial di antara masyarakat. 

Menanggapi demonstrasi tersebut, menurut Kapolres Pacitan AKBP Setyo Kus Heriyatno, merupakan hari perayaan. 

"May day itu adalah hari perayaan, jadi isinya adalah senang. Buruh berkumpul dan merayakan harinya, bukan untuk pemberontakan. Mari kita ubah menjadi hari perayaan yang menyenangkan dan bukan sebagai hari yang menyusahkan. Merayakan berarti senang," kata Setyo, Senin (30/4).

Peringatan di beberapa negara, lanjutnya, dijadikan sebagai hari libur nasional dengan harapan semua buruh bisa menikmatinya. Karena sejarah adalah peringatan di mana serikat buruh merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. 

"Di Pacitan tidak ada aksi turun ke jalan. Para buruh lebih memilih merayakan dengan kegiatan di dalam pabrik. Dan untuk tahun ini ada 7 titik lokasi yang memperingati ," jelas perwira polisi dengan dua melati di pundak tersebut. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO