​Ziarah Makam Pendiri NU KH Abd Chalim di Cirebon, Saatnya Dianugerahi Gelar Pahlawan (1)

​Ziarah Makam Pendiri NU KH Abd Chalim di Cirebon, Saatnya Dianugerahi Gelar Pahlawan (1) Makam KH Abdul Chalim tampak sangat sederhana tapi mengesankan sangat teduh. Makam ini terletak di pekarangan keluarga di Desa Leuwimunding Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka Cirebon Jawa Barat. Pekarangan ini kini jadi salah satu pusat pendidikan Amanatul Ummah yang merupakan cabang dari Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Mojokerto Jawa Timur yang didirikan dan diasuh oleh Dr KH Asep Saifuddin Chalim, putera KH Abdul Chalim. Santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah kini mencapai 10.000 santri. Foto: bangsaonline.com

MAJALENGKA, BANGSAONLINE.com - Salah satu ulama pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang belum banyak dikenal publik adalah KH Abdul Chalim. Padahal kiai berwajah tampan ini sangat berperan penting baik dalam pendirian NU maupun kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Bahkan Kiai Abdul Chalim kini layak dikukuhkan sebagai pahlawan nasional.

M Mas’ud Adnan, direktur bangsaonline.com dan HARIAN BANGSA belum lama ini punya kesempatan baik untuk berziarah ke makam Kiai Abdul Chalim di Leuwimunding Majalengka Cirebon. Berikut laporan perjalanan wartawan senior yang juga direktur BBSTV itu:

Makam di samping Musholla di Desa Leuwimunding Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka Cirebon Jawa Barat itu terlihat sangat sederhana tapi teduh. Tak ada atribut menyolok. Makam itu hanya ditandai nisan kecil dan satu pohon bunga yang tumbuh menjulang. Selebihnya hanya batu-batu putih tertata apik di atas pusara itu.

Jika para peziarah tak membaca “sejarah singkat” yang ditempel di tembok pemakaman itu, niscaya mereka tak bakal tahu kalau yang berbaring di makam sederhana itu adalah ulama dan tokoh penting dan besar di negeri ini. Itulah pusara KH Abdul Chalim, salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), organisasi keagamaan terbesar di Indonesia dan di dunia internasional.

Makam Kiai Abdul Chalim terletak di pekarangan keluarga yang kini jadi salah satu pusat pendidikan Amanatul Ummah ke-02 di Leuwimunding Majalengka Cirebon. Pusat Lembaga pendidikan ini merupakan cabang dari Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur yang kini santrinya mencapai 10.000 orang. Pesantren Amanatul Ummah didirikan dan diasuh oleh Dr KH Asep Saifuddin Chalim, putra KH Abdul Chalim. 

Selama ini bangsaonline.com dan HARIAN BANGSA sangat penasaran dengan kisah perjuangan Kiai Abdul Chalim ini. Karena dalam struktur kepengurusan PBNU periode pertama nama Kiai Abdul Chalim tercantum sebagai Naibul Katib (Wakil Sekretaris) di bawah nama KH Abdul Wahab sebagai Katib Syuriah PBNU. Ini berarti orang penting kedua di jajaran Katib Syuriah PBNU. Apalagi dalam jajaran Katib (sekretaris) itu hanya dua tokoh atau kiai. Yaitu Kiai Abdul Wahab Hasbullah dan KH Abdul Chalim saja.

Seperti kita pahami struktur kepengurusan PBNU pertama Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy’ari sebagai Rais Akbar. Sedang Ketua Umum Tanfidziyah dipercayakan kepada Hasan Gipo. Bisa kita lihat dalam susunan pengurus NU pertama di bawah ini:

SUSUNAN PENGURUS BESAR NAHDLATUL ULAMA PERTAMA (1926)

A.PENGURUS SYURIAH

Rois Akbar : KH Muhammad Hasjim Asja’ari, Jombang

Wakil Rois : K.H.A. Dahlan Achyat, Kebondalem Surabaya

Katib : KH. Abdul Wahab Hasbullah Kertopaten Surabaya

Naibul Katib : KH. Abdul Halim Surabaya

B. A'wan : KH. Mas Alwi bin Abdul Aziz Surabaya

: KH. Ridwan Abdullah Surabaya

: KH. Amin Abdus Syukur Surabaya

: KH. Amin (Praban) Surabaya

: KH. Said Surabaya

: KH. Nahrawi Thahir Surabaya

: KH. Hasbullah (Plampitan) Surabaya

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO