​Ziarah ke Rembang, Puti Guntur: Kartini Inspirasi Kaum Perempuan Indonesia

​Ziarah ke Rembang, Puti Guntur: Kartini Inspirasi Kaum Perempuan Indonesia Puti Guntur usai berdoa di makam pahlawan nasional, tokoh emansipasi perempuan Indonesia.

REMBANG, BANGSAONLINE.com - Menyambut Hari Kartini 21 April, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor 2 berziarah ke makam tokoh emansipasi perempuan tersebut di Rembang.

“Ibu Raden Ajeng Kartini menjadi inspirasi saya, juga bagi banyak tokoh serta kebanyakan kaum perempuan. Semangat beliau tak pernah padam, bahkan makin terang mengala di era milenial,” kata Puti Guntur, Jumat (20/4), usai nyekar di makam pahlawan nasional tersebut.

Makam RA Kartini terletak di Desa Bulu, Rembang. Lokasi makam di sebuah bukit, di belakang kantor Kecamatan Bulu. Terletak di jalur utama Rembang-Blora.

“Selamat memperingati Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia. Selamat mengembangkan peran di semua sektor kehidupan. Semoga Indonesia Raya semakin jaya ke depan,” kata Puti Guntur.

Hari Kartini diperingati setiap 21 April. Melalui Keputusan Presiden No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, Presiden Soekarno menetapkan RA Kartini sebagai Pahlawan Nasional. Bung Karno juga menetapkan 21 April sebagai hari besar yang diperingati secara nasional.

Puti Guntur, cucu Bung Karno, nyekar ke Makam Kartini didampingi Sekretaris DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno. 

“Bagi Mbak Puti, semangat Kartini semakin meneguhkan hati untuk terus melangkah, menatap tugas-tugas ke depan,” kata Untari.

Di lokasi makam, Puti menaburkan bunga segar. Ia khusyuk berdoa. 

“Semoga Allah SWT memberikan tempat bahagia dan mulia bagi Ibu Kartini dan semua pejuang bangsa ini,” kata Puti usai berdoa.

Puti Guntur juga berkunjung ke rumah yang sering disinggahi oleh Kartini. Ia melihat-lihat seisi rumah, termasuk kamar yang menjadi tempat istirahat Kartini ketika berkunjung ke rumah itu.

“Kita mensyukuri kelahiran Ibu Kartini, yang di belakang hari berperan penting dalam sejarah bangsa, terutama dalam peran emansipasi perempuan,” kata Puti.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO