​Hasan Aminuddin Usulkan Alfa Isnaeni Plt Ketua Ansor Jatim

​Hasan Aminuddin Usulkan Alfa Isnaeni Plt Ketua Ansor Jatim Drs. H. Hasan Aminuddin, MSi, Dewan Penasehat Pimpinan Pusat GP Ansor. Foto: DIDI R/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Polemik kekosongan kepengurusan Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur mendapat perhatian dari Hasan Aminuddin, selaku Dewan Penasehat Pimpinan Pusat GP Ansor. Menurut Hasan, organisasi sebesar Ansor tidak boleh vakum karena akan menghilangkan legitimasi pengurus berikut produk organisasi.

Karena itu, Anggota Komisi VIII DPR RI ini meminta Yaqut Cholil Coumas atau Gus Yaqut selaku Ketua Umum PP GP Ansor agar menunjuk Pelaksana tugas Ketua atau Ketua Karteker untuk memimpin GP Ansor Jatim pasca habisnya masa bakti kepengurusan yang sah. Dengan demikian tidak ada lagi kevakuman organisasi pasca habisnya SK pada 27 Februari 2018.

"Harus segera ditunjuk Plt Ketua atau Ketua Karteker hingga terselenggaranya Konferensi wilayah untuk memilih Ketua PW GP Ansor yang baru. Saya sebagai Dewan Penasehat PP GP Ansor dan Dewan Pembina PW GP Ansor Jatim akan sampaikan hal ini ke Ketua Umum," ujar Hasan Aminuddin, Rabu (18/4).

Bupati Probolinggo dua periode ini menilai sosok Alfa Isnaeni pantas untuk menjadi Plt Ketua atau Ketua Kerteker PW GP Ansor Jatim. Alasannya, Alfa pernah memimpin GP Ansor Jatim sehingga ia paham katakteristik dan kultur di internal Ansor Jatim. Selain itu, Alfa yang saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Koordinasi Nasional Barisan Ansor Serbaguna (Kasat Kornas Banser) juga adalah Koordinator Wilayah Jatim, karena itu dia pasti paham dinamika Ansor di Jatim.

Karena alasan tersebut, Hasan Aminuddin yang dikenal sebagai loyalis Gus Dur itu yakin, Alfa bisa memimpin Ansor Jatim di masa transisi ini hingga terpilihnya ketua PW Ansor Jatim definitif melalui konferwil.

"Tentunya tugas utama Alfa nantinya adalah mempersiapkan terselenggaranya Konferwil untuk memilih ketua definitif. Saya yakin Alfa mampu melaksanakan tugas itu. Saya tahu kapasitas dia," tegas Hasan.

Untuk diketahui, kepengurusan GP Ansor Jatim pimpinan Rudi Tri Wahid sudah selesai sejak 26 Desember 2017. Namun Pimpinan Pusat GP Ansor kemudian mengeluarkan Surat Keputusan kepada Rudi agar memimpin Ansor hingga dua bulan ke depan, untuk mempersiapkan penyelenggaraan Konferwil. Namun hingga SK penunjukan kadaluarsa, belum ada tanda-tanda konferwil akan dilaksanakan.

Sementara itu, sejumlah nama mulai disebut layak melanjutkan estafet kepemimpinan Rudi Tri Wahid. Mereka yang masuk bursa kandidat diantaranya, HM. Syafiq Syauqi yang saat ini menjabat sebagai Kasat Korwil Banser Jatim. 

Kemudian ada nama Ahmad Gufron Siradj atau Ra Gopong yang kini menjabat Sekretaris Pimpinan Pusat Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar). Selanjutnya ada nama Mohammad Abid Umar Faruq, cucu KH. Zainuddin Djazuli yang akrab disapa Gus Abid itu terakhir menjabat sebagai Sekretaris PW GP Ansor Jatim. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO