Minggu, 08 Desember 2019 10:33

​Bertahan dengan Blog, Kembangkan Forum Buku

Selasa, 17 April 2018 22:14 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: -
​Bertahan dengan Blog, Kembangkan Forum Buku
Bintang bersama seorang penulis, dan tampilan blog miliknya. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Bintang Permata Alam (19), mahasiswa Bahasa Inggris, FBS, Unesa, semester dua yang hobi membaca buku ini, mulai suka menulis blog sejak SMA. Hingga kini blognya sudah ada lebih dari 88.000 viewers dan sering bekerja sama dengan penerbit-penerbit untuk mengadakan event melalui blognya.

Mahasiswa semester II yang akrab disapa Bintang ini mulai menulis di blog sejak ia masih kelas X SMA. Blog yang dinamai Ach’s Book Forum ini selain menyajikan review buku, juga berisi hasil interviewnya mengenai beberapa penulis, profil penulis, artikel hingga giveway untuk pembaca blognya.

Hingga saat ini, blog ini berisi lebih dari 200 tulisan yang berhubungan dengan buku dan penulis. Dia sendiri mengaku banyak mengulas novel-novel dengan genre thriller, misteri, dan horor, sesuai dengan genre novel yang ia sukai.

“Tidak cuma genre itu aja sih, banyak juga bahas gendre romance, dan kebanyakan juga endorse buku-buku dari penerbit dan penulis,” tambahnya mengenai ulasan yang ada di dalam blognya.

Untuk mendukung blognya, ia banyak bekerja sama dengan beberapa penerbit. Berdasarkan keterangannya, beberapa penerbit yang pernah meski tidak rutin bekerja sama dengan blognya adalah Gagas Media, Divapress, dan Grasindo. Ada pula beberapa media yang rutin bekerja sama dengan blognya adalah Buana sastra, yang merupakan imprint dari Buana Ilmu Populer.

“Kerjasama dengan penerbit sih biasanya, aku nawarin ke penerbit dan penulis manapun yang pengen bukunya dipromosikan itu bisa menghubungi aku. Nanti aku bisa buat review dari buku mereka, atau kalau mereka pengen ngadain giveway, aku bisa buat giveway-nya, nanti mereka bisa menjadi sponsornya,”

Dengan penawaran yang ia berikan melalui blognya kepada penerbit dan penulis, ia mengaku mendapat keuntungan berupa buku gratis yang ia dapatkan secara langsung. Dari hasil kerjasamanya dengan para penerbit dan penulis, hingga kini ia sudah mendapat lebih dari 50 buku. Selain mendapat buku, keuntungan lain yang ia dapat adalah menambahnya relasi dari penerbit dan penulis-penulis di Indonesia.

Adapaun beberapa penulis yang pernah ia singgung dalam blognya, seperti Silvarani penulis Ada Apa dengan Cinta, Eve Shi penulis The Bond, Arumi Eko penulis Tahajud Cinta di Kota New York dan berbagai penulis lain. (*)

Sumber: *Fikma A
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...