​Bertahan dengan Blog, Kembangkan Forum Buku

​Bertahan dengan Blog, Kembangkan Forum Buku Bintang bersama seorang penulis, dan tampilan blog miliknya. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Bintang Permata Alam (19), mahasiswa Bahasa Inggris, FBS, Unesa, semester dua yang hobi membaca buku ini, mulai suka menulis blog sejak SMA. Hingga kini blognya sudah ada lebih dari 88.000 viewers dan sering bekerja sama dengan penerbit-penerbit untuk mengadakan event melalui blognya.

Mahasiswa semester II yang akrab disapa Bintang ini mulai menulis di blog sejak ia masih kelas X SMA. Blog yang dinamai Ach’s Book Forum ini selain menyajikan review buku, juga berisi hasil interviewnya mengenai beberapa penulis, profil penulis, artikel hingga giveway untuk pembaca blognya.

Hingga saat ini, blog ini berisi lebih dari 200 tulisan yang berhubungan dengan buku dan penulis. Dia sendiri mengaku banyak mengulas novel-novel dengan genre thriller, misteri, dan horor, sesuai dengan genre novel yang ia sukai.

“Tidak cuma genre itu aja sih, banyak juga bahas gendre romance, dan kebanyakan juga endorse buku-buku dari penerbit dan penulis,” tambahnya mengenai ulasan yang ada di dalam blognya.

Untuk mendukung blognya, ia banyak bekerja sama dengan beberapa penerbit. Berdasarkan keterangannya, beberapa penerbit yang pernah meski tidak rutin bekerja sama dengan blognya adalah Gagas Media, Divapress, dan Grasindo. Ada pula beberapa media yang rutin bekerja sama dengan blognya adalah Buana sastra, yang merupakan imprint dari Buana Ilmu Populer.

“Kerjasama dengan penerbit sih biasanya, aku nawarin ke penerbit dan penulis manapun yang pengen bukunya dipromosikan itu bisa menghubungi aku. Nanti aku bisa buat review dari buku mereka, atau kalau mereka pengen ngadain giveway, aku bisa buat giveway-nya, nanti mereka bisa menjadi sponsornya,”

Dengan penawaran yang ia berikan melalui blognya kepada penerbit dan penulis, ia mengaku mendapat keuntungan berupa buku gratis yang ia dapatkan secara langsung. Dari hasil kerjasamanya dengan para penerbit dan penulis, hingga kini ia sudah mendapat lebih dari 50 buku. Selain mendapat buku, keuntungan lain yang ia dapat adalah menambahnya relasi dari penerbit dan penulis-penulis di Indonesia.

Adapaun beberapa penulis yang pernah ia singgung dalam blognya, seperti Silvarani penulis Ada Apa dengan Cinta, Eve Shi penulis The Bond, Arumi Eko penulis Tahajud Cinta di Kota New York dan berbagai penulis lain. (*)

Sumber: *Fikma A

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO