​PWI dan RPS Ajak Humas Pemkab Tuban Satu Visi Hadapi Wartawan Abal-abal

​PWI dan RPS Ajak Humas Pemkab Tuban Satu Visi Hadapi Wartawan Abal-abal Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tuban menggelar jumpa pers bersama seluruh insan pers di Gajah Futsal, Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban, Senin (16/4).

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tuban menggelar jumpa pers bersama seluruh insan pers di Gajah Futsal, Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban, Senin (16/4).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban Pipit Wibawanto dan Ketua Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Khoirul Huda sepakat untuk mengajak Pemkab Tuban menyatukan visi dalam menangkal oknum wartawan abal-abal.

Menurut Pipit Wibawanto, keberadaan oknum wartawan yang tidak jelas identitasnya sangat meresahkan masyarakat. Pihaknya sering menerima laporan korban yang merasa diperas oleh oknum jurnalis.

"Saat ini Humas terkesan melegitimasi keberadaan mereka, sehingga dengan itu dijadikan sebagai alat untuk memeras narasumber. Untuk itu, kami meminta agar pemkab bisa satu visi dalam melawan wartawan abal-abal," ujarnya.

Pipit memberikan tips ketika menghadapi seorang wartawan yang belum dikenal dengan menanyakan keanggotaannya dan apakah mereka telah terdaftar di dewan pers atau tidak.

“Seorang wartawan selain dibekali dengan kartu pers juga harus terdaftar di dewan pers dengan memiliki kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” tandasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO