Promosikan Kuliner Khasnya, Banyuwangi Gelar Festival Kuliner Rujak Cemplung

Promosikan Kuliner Khasnya, Banyuwangi Gelar Festival Kuliner Rujak Cemplung Rujak cemplung yang disajikan dalam lomba kuliner.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi semakin gencar mempromosikan kuliner khasnya. Kali ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Jasa Indonesia (APJI) Banyuwangi menggelar festival kuliner bertajuk rujak cemplung di pelinggihan Disbudpar.

Rujak cemplung - kuliner khas Banyuwangi adalah makanan yang diracik dengan memakai bumbu berupa cabe, gula merah atau gula putih, terasi, garam dan kacang goreng yang dihaluskan sampai menjadi bumbu rujak, lalu dicampur dengan werak atau cukak, kemudian dicampur dengan bermacam-macam buah yang dipotong potong seperti dadu, dicampur jadi satu hingga menghasilkan kuliner dengan cita rasa segar dan asam.

Selain mempromosikan kuliner khas, festival kali ini juga dibalut dengan lomba meracik rujak cemplung. Sebanyak 55 peracik berlomba menyajikan sajian kuliner rujak cemplung mejadi lebih enak dan higienis. Festival ini selain dihadiri Kadisbudpar M. Yanuarto Bramuda juga dihadiri ketua DPD APJI Jawa timur (Jatim), Suyatno.

Bramuda panggilan akrab Kadisbudpar Banyuwangi saat diwawancarai mengatakan, komunitas-komunitas yang ada di Banyuwangi betul-betul ikut serta dalam membesarkan Banyuwangi melalui even-even yang diselenggarakannya.

"Saya sangat mengapreasiasi dan mensuprot kegiatan tersebut. Kegiatan ini muncul dari masyarakat sendiri. Kami selaku dinas terkait cuma mewadai keinginan masyarakat untuk melestarikan kuliner khas Banyuwangi. Saya harap kergiatan ini bisa berkelanjutan dan nantinya agar bisa dipromosikan di B-FEST tahun depan," terangnya.

Bramuda menambahkan, Banyuwangi ini maju bukan hanya wisatanya saja. "Tapi kulinernya juga mulai kami garap. Kami juga sudah mengangkat dan mempromosikan kuliner-kuliner khas Banyuwangi kepada wisatawan yang datang di Banyuwangi," imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan ini, tambahnya, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan APJI Banyuwangi.

"Saya harap kegiatan seperti ini selalu ditingkatkan, agar potensi potensi yang ada di daerah seperti kuliner rujak cemplong bisa terangkat dan bisa dikenal masyarakat luas," timpal Suyatno, ketua DPD APJI Jatim dalam sambutannya. (gda/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO