​Gubernur Jatim Dorong Pengusaha India Investasi ke Jatim

​Gubernur Jatim Dorong Pengusaha India Investasi ke Jatim Pakde Karwo saat berbincang dengan pengusaha dari Mumbai mengenai prospek investasi di Jatim.

MUMBAI, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo mendorong agar para pebisnis meningkatkan investasi dan perdagangannya dengan Jawa Timur. Untuk itu, dirinya melakukan promosi guna melakukan diskusi peluang kerjasama ekonomi untuk membangun kekuatan ekonomi dua belah pihak di masa mendatang.

"Banyak hal yang mendukung terwujudnya hal ini, lanjut Pakde Karwo, di antaranya jaminan kemudahan berbisnis oleh , kondisi sosial politik yang stabil, serta keberadaan banyak pengusaha di Jawa Timur yang telah melakukan investasi dan bisnis di Jawa Timur," ucap Pakde Karwo-sapaan akrab Gubernur Jatim saat acara East Java Business Forum Meeting di Hotel Trident, Nariman Point Mumbai, , Sabtu (14/4).

Ke empat jaminan tersebut meliputi, fasilitasi perijin, ketersediaan tenaga trampil, pengadaan tanah, dan kecukupan energi listrik. 

"Politik dan keamanan di Jatim senantiasa stabil, dan menjadi barometer nasional," ujarnya.

Sementara itu, jumlah perusahaan tercatat 100 buah dengan beragam jenis usaha yang dilakukan terkait komoditi batubara, baja, kacang mente, mesin dan elektronika makanan dan minuman, dsb-nya. Investasi di Jatim tercatat senilai US$ 792.369,92 ribu dengan jumlah proyek sebanyak 67 buah.

Beberapa sektor investasi pengusaha di Jatim meliputi metal, mesin dan elektronik, perdagangan dan reparasi, serta industri makanan dan minuman. Sementara itu, ekspor Jatim ke , khususnya pengolahan logam berkontribusi 88,8% dari nilai total ekspor Jatim ke sebesar US $ 585,59 juta pada tahun 2017.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO