​Begini Cara Pengrajin Gamelan Jombang Bertahan di Zaman Now

​Begini Cara Pengrajin Gamelan Jombang Bertahan di Zaman Now Sumadi dan para pekerjanya sedang membuat gamelan pesanan. Foto: RONY S/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kemajuan teknologi nyatanya tak menggerus kerajinan gamelan di Jombang. Meski menggunakan bahan baku pelat besi yang tergolong murah, perajin yang satu ini pun masih bisa bertahan.

Sumadi (43), warga Dusun/Desa Jenis Gelaran, Bareng, Jombang sejak delapan tahun terakhir. Di tempat ini, Sumadi dan tiga pekerjanya sibuk membentuk pelat besi menjadi beragam alat musik gamelan.

Dengan telaten, para pria ini menempa pelat besi hingga menjadi alat musik yang menghasilkan suara khas, mulai dari bonang, kenong, gambang, gong, baron, saron hingga kendang.

Sumadi mengaku mulai menekuni kerajinan gamelan sejak tahun 2010 silam. Ia mendapatkan ilmu membuat alat musik tradisional ini saat bekerja di Solo, Jawa Tengah.

"Keinginan saya saat itu harus ada orang yang bisa membuat gamelan di kampung ini," katanya kepada wartawan di rumahnya, Sabtu (14/4).

Seiring berjalannya waktu, kini gamelan buatan Sumadi banyak diminati pemusik tradisional. Pesanan pun berdatangan, mulai dari Mojokerto, Jombang, hingga Bandung, Jawa Barat. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO