​Khofifah Disambut Antusias Buruh Rokok Sampoerna

​Khofifah Disambut Antusias Buruh Rokok Sampoerna Ribuan buruh rokok Sampoerna di Rungkut sambut kedatangan Khofifah. foto: tim kampanye khofifah-emil.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ribuan buruh di pabrik rokok Sampoerna Rungkut menyambut antusias kedatangan calon gubernur Jawa Timur Indar Parawansa, Jumat (13/4).

Tak kurang, sebanyak 6.500 pekerja perempuan di industri hasil tembakau ini berebut foto dengan . Mereka adalah para pekerja perempuan yang mayoritas adalah tulang punggung keluarga.

Usai berdialog dengan jajaran manager PT Hanjaya Mandala Sampoerna, mendapatkn informasi bahwa sslama dua tahun ini ada penurunan konsumsi untuk rokok kretek atau sigaret kretek tangan (SKT) sebesar dua persen.

"Ada penurunan SKT ke sigaret kretek mesin (SKM). Padahal SKT ini adalah produksi rokok yang padat karya sedangkan SKT adalah padat modal, ada pesan bahwa saat ini SKT dinilai old fashion dan beralih ke SKM," kata .

Menurut wanita yang juga mantan Menteri Sosial ini industei adat karya tetap harus mendapatkan perlindungan. Sebab untuk industri ini hampir 100 persen menyerap tenaga kerja wanita. Dan mayoritas adalah tulang punggung keluarga.

Jika ada penurunn konsumsi dan produksi SKT, maka dikhawatirkan tren yang menurun tersebut bisa mengakibatkan penurunan suplai industri yang menampung tenaga kerja wanita.

"Padat karya tetap harus terproteksi supaya tidak beralih ke SKM. Nah ini yang punya tugas adalah owner. Supaya owner bisa menjaga dengan berbagai macam promosi, supaya industri padat karya bisa terus terjaga," lanjut .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO