​Tiga JCH Kabupaten Blitar Dipastikan Gagal Berangkat

​Tiga JCH Kabupaten Blitar Dipastikan Gagal Berangkat Kepala Seksi Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Hendro Subagyo. foto: Akina Nur Alana/ bangsaonline.com

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tiga jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Blitar dipastikan gagal berangkat ke tanah suci. Hal itu diketahui pasca dilakukan pemeriksaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar kepada JCH.

Kepala Seksi Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Hendro Subagyo mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap JCH Kabupaten Blitar. Ada sebanyak 850 JCH yang melakukan pemeriksaan.

"Sebanyak 850 JCH sudah melakukan pemeriksaan kesehatan hasilnya mayoritas sehat dan bisa berangkat namun ada beberapa yang menjadi catatan," ungkap Hendro Subagyo, Kamis (12/4).

Dinas Kesehatan merinci, dari 850 JCH tersebut 3 JCH dipastikan tidak bisa berangkat ke tanah suci karena sakit, dan tidak memungkinkan untuk beraktivitas. Sementara 3 JCH lainnya kondisi juga sakit namun masih bisa beraktivitas dan dimungkinan masih bisa berangkat ke tanah suci. Selain itu 170 JCH lainnya juga dinyatakan harus mendapatkan pendampingan selama melaksanakan ibadah di tanah suci.

"Tiga orang masih istitoah sementara. Artinya kondisi masih sakit namun masih bisa beraktivitas dan dimungkinan masih bisa berangkat ke tanah suci. Sedangkan tiga orang lainya dipastikan tidak gagal berangkat. Karena sakit dan kondisi kesehatannya tidak dimungkinkan untuk berangkat," paparnya.

Menurut Hendro, ketiga calon jamaah haji ini berasal dari Kecamatan Wonodadi, Sanankulon, dan Gandusari. Mereka sudah diberikan pengarahan jika gagal berangkat tahun ini, dan tidak ada yang mengajukan protes.

"Mereka memahami hal ini dan tidak mengajukan protes. Karena kondisi mereka memang tidak memungkinkan untuk berangkat ke tanah suci," jelasnya.

Hendro menambahkan, untuk calon jamaah haji yang lainnya, dipastikan kondisinya sehat dan memenuhi persyaratan untuk berangkat ibadah haji ke tanah suci. "Untuk jamaah haji lainnya dipastikan sehat, dan bisa berangkat," pungkasnya.(ina/rd) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO