Senin, 20 Mei 2019 20:37

​JOB P-PEJ Bantu SMK Migas Bojonegoro Gelar UKK

Rabu, 11 April 2018 01:11 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Eky Nurhadi
​JOB P-PEJ Bantu SMK Migas Bojonegoro Gelar UKK

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Guna memberi ruang bagi para pelajar yang memilih jurusan Program Keahlian Teknik Pemboran Minyak dan Gas, operator lapangan minyak dan gas bumi (migas), Joint Operating Body Pertamina - Petrochina East Java (JOB P-PEJ) menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bidang Migas.

Mereka yang mengikuti UKK itu adalah pelajar SMK Negeri 5 Bojonegoro. UKK ini merupakan syarat kelulusan bagi para siswa dan mengukur kemampuan secara akademik yang diperoleh selama pembelajaran materi di dalam kelas.

Field Admin Superintendent JOB PPEJ, Akbar Pradima mengatakan, sebagai operator migas di WK Blok Tuban lapangan Sukowati, pihaknya sangat mendukung proses pendidikan apalagi dibidang migas. UKK yang dilakukan langsung di tempat kerja ini diharapkan menambah keterampilan siswa.

"Kami sangat mendukung kegiatan pendidikan untuk mendukung kesiapan tenaga kerja bidang migas," ujar Akbar Pradima, Selasa (10/4).

Selain digunakan sebagai tempat untuk UKK, sebelumnya JOB PPEJ juga bekerja sama dengan SMK Negeri 5 Bojonegoro dalam program JOB PPEJ Mengajar yang dilakukan secara rutin. Termasuk pengenalan proses eksplorasi migas dengan memberikan replika kepala bor.

"Replika well head (kepala bor) itu sebagai alat bantu ajar, sebagai bentuk kepedulian pendidikan di wilayah operasi JOB PPEJ," terangnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana UKK, SMK Negeri 5 Bojonegoro, Burhanuddin mengatakan, adanya kerjasama dengan pihak JOB PPEJ ini sangat membantu melengkapi kekurangan segi fasilitas di sekolah. Mengingat, SMK yang berada di Kecamatan Kapas itu baru akan meluluskan siswanya tahun ini.

"Tempat uji UKK biasanya di sekolah, namun karena masih terbatas fasilitas kemudian bekerja sama dengan perusahaan," ungkapnya.

Siswa yang akan mengikuti UKK di CPA Blok Tuban sebanyak 56 siswa. Menurut Burhan, kerja sama antar sekolah dengan perusahaan migas ini sangat menguntungkan bagi siswa. Apalagi, rencananya SMK Negeri 5 Bojonegoro itu akan didaftarkan sebagai SMK Migas di Bojonegoro.

"Lebih diuntungkan karena selain mengenal alat pengeboran migas, mereka bisa langsung belajar di lapangan kerja," pungkasnya.

Sekadar diketahui, UKK dilakukan selama dua hari. Hari pertama, siswa yang akan UKK mendapat pembekalan baik dari sekolah maupun dari pihak operator. Hari kedua besok mereka baru terjun ke lapangan. (nur/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Jumat, 17 Mei 2019 00:26 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RAMADHAN memang penuh segalanya secara apik, termasuk berderet karunia dengan segenap undangan berbuka puasa secara bersama-sama. Ini sangat fenomenal bagi saya yang sejak semula berpuasa bukan untuk meminimalisir perbelanjaan...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...