​Terbiasa Ziarah ke Makam Sunan Ampel, Khofifah Jalankan Tradisi NU

​Terbiasa Ziarah ke Makam Sunan Ampel, Khofifah Jalankan Tradisi NU Khofifah ziarah di makam Sunan Ampel.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jauh sebelum maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa selalu menjalankan tradisi-tradisi kiai-kiai terdahulu seperti KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Berziarah ke makam-makam sunan merupakan kebiasaan yang sudah lama lakukan sejak muda.

“Saya dari SMP itu biasanya kalau kami sore sepulang sekolah ke Sunan Ampel. Saya bermalam di sini sampai shubuhnya. Karena sekolah saya kan liburnya Jumat. Jadi ada tradisi ziaroh ke Sunan Ampel sejak SMP,” kata di Makam Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/4).

Bahkan dahulu sudah menjalankan kebiasaan yang Gus Dur ijazahkan kepadanya. Ziara ke makan Sunan Ampel disebutnya, tradisi untuk membangun refleksi diri dengan para kiai-kiai terdahulu.

“Ada juga salah satu ijazahnya Gus Dur antara lain wirid tertentu yang dibaca tawasul Sunan Ampel sebelum tidur. Sebetulnya proses yang terbangun secara rohaniah saya pribadi antara kiai,” ungkap Ketua Muslimat NU ini.

“Beberapa tradisi yang dilakukan oleh komunitas saya dan keluarga saya, ziaroh ke sunan Ampel kebutuhan spiritual agar bersambung dengan para Wali Songo yang salah satunya adalah Sunan Ampel,” lanjutnya.

Selain itu, berziarah juga merupakan salah satu cara untuk berdoa untuk menyeimbangkan usaha-usaha yang sudah dilakukan. Dengan begitu, dikatakan , ikhtiar bisa berseiring dengan ridho Allah SWT.

“Ya saya rasa sebaiknya menyeiringkan semua ikhtiar kita dengan bermunajat kepada Allah supaya prosesnya berseiring dengan turunnya ridho dan barokallah,” pungkasnya.

Di kompleks pemakaman Sunan Ampel, menjadi magnet bagi masyarakat. Warga yang hendak berziarah menyemut untuk memeluk atau berswafoto.

Saat ziarah, ditemani sejumlah kiai. Diantaranya, KH M Roziqi, KH Robbach Maksum dan KH Zahrul Azar Asad. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO