​Begini Komposisi Dapil Pileg Kabupaten Pasuruan Tahun 2019

​Begini Komposisi Dapil Pileg Kabupaten Pasuruan Tahun 2019

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Komposisi Jumlah daerah pemilihan (dapil) dalam pesta dekomkrasi Pemilihan Legislatif pada tahun 2019 di Kabupaten Pasuruan, akhirnya berubah juga. Dalam Pileg 2014 lalu sebanyak lima dapil (daerah pemilihan), kini bertambah satu menjadi enam dapil seiring turunnya surat keputusan dari KPU RI

Penambahan dapil untuk Kabupaten Pasuruan diakui oleh A. Azmi Abbas Djazuli, komisioner KPU Kabupaten Pasuruan bidang Divisi Teknis. Ia menjelaskan keputusan perubahan dapil tersebut diterima KPUD Kabupaten Pasuruan pada 6 April kemarin.

Dalam Keputusan KPU RI memang tidak memberikan pertimbangan soal bertambahnya Dapil di Pileg 2019 nanti, Memang ada tiga dapil yang diajukan beberapa waktu lalu.

"Satu di antaranya merupakan dapil lama, yakni lima dapil. Sementara, dua lainnya merupakan dapil alternatif yakni enam dan tujuh dapil," jelasnya kepada BANGSAONLINE.com.

Ia mengatakan, beberapa pertimbangan terkait usulan penambahan dapil itu salah satunya berkaitan dengan percepatan pembangunan. Sisi aspek geografis yang ada di Kabupaten Pasuruan dan juga ada pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk aspek percepatan pembangunan berkaitan dengan keterwakilan anggota dewan. Semakin dekat dengan legislatif, tentunya pembangunan di daerah akan lebih merata. 

“Tujuan penambahan Dapil adalah penyesuaian dengan baik. Makanya perlunya dilakukan perubahan dapil tersebut,” sambung dia. (bib/par/rev)


Dapil Baru (Enam Dapil - di Pileg 2019 nanti)

Daerah PemilihJumlah Kursi
1.Bangil, Beji, GempolI9
2.Pandaan, Prigen, SukorejoII9
3.Wonorejo, Rembang, Kraton, PohjentrekIII8
4.Purwosari, Purwodadi, Tutur, Puspo, TosariIV8
5.Kejayan, Pasrepan, Lumbang, Winongan, GondangwetanV8
6.Rejoso, Lekok, Grati, NgulingVI8

Dapil Lama (Lima Dapil)

Daerah PemilihJumlah Kursi
1.Tutur, Puspo, Lumbang, Pasrepan, Kejayan, TosariI8
2.Purwodadi, Purwosari, Sukorejo, PandaanII11
3.Prigen, Gempol, BejiIII9
4.Wonorejo, Bangil, Rembang, Kraton, PohjentrekIV10
5.Gondangwetan, Winongan, Grati, Nguling, Lekok, RejosoV12

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO