​Tanam Gotchi, Aplikasi Bercocok Tanam Hidroponik, Selada Pun Bisa Diajak Omong

​Tanam Gotchi, Aplikasi Bercocok Tanam Hidroponik, Selada Pun Bisa Diajak Omong Bercocok tanam hidroponik dengan aplikasi berbasis android. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Rifqi Nabila Zufar mahasiswa Unesa jurusan S1 Teknik Elektro angkatan 2015 mengembangkan media tanam yang bisa dioperasikan lewat ponsel pintar.

Rifqi bersama dua orang temannya Rizzal Aulia Ramadhan dan Wildan Halimi, keduanya berasal dari jurusan Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2015 membuat media tanam hidropnik yang diberi nama Tanam Gotchi.

Tanam Gotchi sendiri merupakan sebuah media tanam yang berbasis internet of thing atau internet untuk segalanya. Media tanam gotchi dapat diawasi dan dikontrol langsung oleh pemilik melalui smartphone.

Latar belakang dibuatnya aplikasi Tanam Gotchi ini karena menurut Rifqi jumlah petani di Indonesia semakin berkurang dan berbanding lurus dengan berkurangnya lahan untuk budidaya tanaman. Itu juga disebabkan karena berkurannya sumber daya yang ingin menjadi petani,

“Anak-anak jaman sekarang banyak yang bercita-cita jadi dokter, guru, pengusaha, tapi tidak ada yang bercita-cita jadi petani. Mereka beranggapan bahwa menjadi petani itu sulit,” ungkap Rifqi, Kamis (5/4/2018).

Menurut Rifqi potensi pertanian di indonesia sangatlah besar. “Ada istilah jika sebuah batang ditancapkan di tanah Indonesia bisa menjadi tanaman. Nah, dari situ kami bermaksud mengedukasi anak-anak terkait budidaya tanaman dengan mudah dan menarik,” jelasnya.

Penggunaan nama Tanam Gotchi pada produknya ternyata Rifqi dan kawan-kawannya terinspirasi dari sebuah game asal jepang yang bernama tamagotch. Game tersebut memiliki desain permainan berbentuk peliharaan digital (digital pet).

Sumber: *Nindy A N P

Lihat juga video 'Hidroponik, Budi Daya Menanam Favorit Petani Millenial ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO