Ada Permen dari Sayuran, Gak Percaya?

Ada Permen dari Sayuran, Gak Percaya? Karya yang spektakuler. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Umi Mukimatur Rohmah, Rizki Kurniawati, Yuni Kartika Sari, mahasiswa Unesa Jurusan Pendidikan Tata Niaga ini bersama teman-temannya menciptakan ‘Vegan Candi’, yaitu permen vegetarian.

Vegan Candy merupakan permen yang berbahan dasar sayuran. Berawal dari ketertarikan membuat inovasi baru dan bisa dikonsumsi oleh semua umur. Akhirnya Umi, Rizki dan Yuni membuat permen yang berbahan dasar sayuran dan aman dikonsumsi semua umur.

“Untuk bahan-bahannya semua sayur bisa digunakan asalkan kandungan air di dalamnya tidak terlalu banyak. Kami biasa menggunakan sayur seperti wortel, sawi dan bayam. Kandungan air yang terlalu banyak dalam sayur dapat membuat permen tiddak bisa mengeras. Saya pernah pake tomat dan hasilnya gagal, mungkin karena keterbatasan alat juga“ tutur Umi pada wawancara Selasa (03/04).

nya ini di mendapat dana sebesar Rp.4 juta dalam Program Mahasiswa Wirausaha pada tahun 2017.

“Proses pembuatannya pertama kita blender dulu sayurannya, dengan air 250ml. Airnya itu berguna untuk masak agar-agar. Setelah itu agar-agar dimasak dengan gula dan jus sayuran itu tadi sampai mengental, hasilnya hampir mirip dengan adonan gulali. Setelah itu dicetak lalu dijemur,” ucapnya pada Selasa (03/04).

Waktu produksi bisa memakan waktu 1 hari, bergantung cahaya matahari. Paling lambat bisa memakan waktu sampai 2 hari. Untuk proses pengeringan masih menggunakan cara tradisional dengan menggunakan cahaya matahari. Setiap bungkusnya dijual seharga Rp. 5 ribu. Untuk pemasarannya saat ini melalui online dan juga offline. Secara online bisa dipesan melalui instagram yaitu @candy_vegan. Harapan kepedannya Umi, Rizki dan juga Yuni ingin tetap melanjutkan usahanya ini dan mendapat dukungan dari semua pihak baik dari kampus dan dosen pembimbing. (*)

Sumber: *Dhian Bintariana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO