Senin, 27 Mei 2019 03:04

​Nancy Veandita, dari Penyanyi Dangdut Banting Stir jadi Perancang Busana

Selasa, 03 April 2018 22:46 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: -
​Nancy Veandita, dari Penyanyi Dangdut Banting Stir jadi Perancang Busana
Nancy Veandita saat tampilkan karya-karyanya. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mahasiswi UNESA yang dikenal dengan nama Nancy Veandita (22) ini meraih omzet minimal Rp 5 juta tiap bulannya setelah beralih dari penyanyi dangdut menjadi perancang busana.

Usaha yang dirintis sejak 3 tahun lalu dengan dibantu suaminya, bermula dari hobinya untuk membuat baju sendiri setiap ia tampil sebagai penyanyi dangdut. Orang-orang yang tertarik pada baju buatannya banyak membeli baju yang ia kenakan. Melihat adanya potensi maka ia pun mulai bersedia menerima pesanan.

Hingga saat ini, ia memiliki 4 pegawai yang khusus untuk menjahit, pegawai lain untuk memotong dan pemasang brukat. Dengan seluruh jumlah pegawainya, ia mengaku hanya butuh 3 jam hingga satu baju sampai pada tahap finishing.

Dalam sehari, seluruh pegawainya mampu merampungkan 16 potong baju dengan model pendek. Gaun panjang atau bahkan gaun pengantin dapat memakan waktu lebih lama. Bukan hanya membuat gaun, adapun pegawainya yang mengerjakan aksesories.

“Cuma jualan online aja kok. Karena nggak ada waktu buat nungguin tokonya, dan nggak ada waktu kalau mau ketemuan-ketemuan karena di samping kerja ini saya kuliah yang sangat padat terus untuk bagi waktunya pun sulit. Di mana untuk kuliah, belanja, kuliah... dan ditambah kalau harus cari aksesoris” begitu terangnya ketika ditanya alasannya tidak membuka toko untuk menjual bajunya.

Meski menjual baju secara online, ia mengaku tidak kesulitan untuk menentukan ukuran baju yang dipesan. Ia sudah menyiapkan ukuran tersendiri. Pemesan cukup mengirimkan foto mereka tanpa edit, ditambah keterangan berat badan dan tinggi badan.

Sejauh ini, dia berbelanja bahan-bahan untuk bajunya hanya di Surabaya. Ia mengaku, di Surabaya ada lebih banyak motif. Selain memilih sendiri motif dan bahan, ia sendiri juga yang membuat semua desain baju yang dijualnya.

“Yang pesen... dari Korea udah masuk, Papua, Kalimantan, Sumatera, Lampung sudah banyak yang order tapi yang dominan masih Jawa Tengah, Jawa Timur sama Jakarta.” Jelasnya pasal dari mana saja pesanan yang datang.

Baju yang ia jual minimal bernilai Rp 300.000, dan hingga kini baju dengan harga ini adalah yang terlaris dibanding yang lain. Pesanan yang ia terima tak selalu ramai, ia tetap mengalami pasang surut. Pesanan paling banyak datang pada bulan Agustus dan selepas hari raya. Pada bulan-bulan itu omzetnya mampu bertambah hingga dua kali lipat. Pada bulan-bulan sepi seperti Januari hingga Maret, ia mampu menjual lebih dari 80 potong baju dalam satu bulan.

Untuk ke depannya, ia berharap agar usahanya lebih berkembang. Ia pun menunggu waktu yang tepat untuk bisa membuka tokonya sendiri. Dan bisa menawarkan desain-desain yang lebih fresh kepada pelanggannya. (*)

Sumber: *Fikma Arifiyani A
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...