​Perbaikan Jalan Harun Thohir Gresik Masih Digantung

​Perbaikan Jalan Harun Thohir Gresik Masih Digantung Jalan Harun Thohir yang dibiarkan rusak. foto: Syuhud/ bangsaonline.com

GRESIK,BANGSAONLINE, com - Kritik dan celotehan DPRD Gresik agar kerusakan Jalan Harun Thohir yang rusak parah segera diperbaiki pemerintah setempat tampaknya tak mempan. Terbukti, kondisi jalan tersebut tetap tak diperbaiki. Justru kondisi jalan yang padat kendaraan berat kondisinya kian parah.

DPRD Gresik melalui perwakilannya juga sudah berkali-kali melakukan lobi sejumlah perusahaan yang berada di sekitar Jalan Harun Thohir.

Seperti yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah yang menemui petinggi PT Pelindo III untuk membicarakan perbaikan kerusakan Jalan Harun Thohir. Namun hasilnya nol. "Tetap dibiarkan rusak. Sepertinya pemerintah sengaja menggantung perbaikan Jalan Harun Thohir," cetus Rahman, salah satu pengguna jalan, Selasa(2/4).

DPRD Gresik sendiri berkali-kali mengeluarkan ancaman akan memportal Jalan Harun Thohir jika tetap dilalu-lalangi kendaraan berat yang memuat hasil bongkar dari Pelabuhan Gresik. Namun, pihak-pihak terkait (perusahaan) pemilik barang tak mau membantu perbaikan.

"Kami meminta DPUTR untuk memportal Jalan Harun Thohir," ujar Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid baru-baru ini.

Abdul Hamid menyatakan jika Jalan Harun Thohir merupakan jalan Kabupaten Gresik. Sementara kendaraan pengangkut bahan maupun hasil produk perusahaan di Jalan Harun Thohir tak memiliki kontribusi untuk pemerintah Kabupaten Gresik. "Pelindo memanfaatkan jalan yang kita miliki," ungkapnya.

"Pemkab Gresik tak dikasih atau mendapatkan apa-apa dari perusahaan terkait karena semua wewenang ditarik pusat. Parahnya lagi, kendaraan yang melintas di jalan kabupaten kelas III yang hanya mampu menahan beban 8 ton, rata-rata dilewati kendaraan berat (tonase) lebih dari 20 ton. Kendaraan ini yang mengakibatkan Jalan Harun Thohir rusak parah," paparnya.

"Kondisi tersebut membuat kami (DPRD) mewajibkan Jalan Harun Thohir diportal," pungkasnya. (hud/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO