Senin, 19 Agustus 2019 13:42

​Wakil Katib Syuriah PBNU Tanya Alasan Kiai Asep All Out Dukung Khofifah

Jumat, 30 Maret 2018 22:17 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Tim
​Wakil Katib Syuriah PBNU Tanya Alasan Kiai Asep All Out Dukung Khofifah
Dr KH Asep Saifuddin Chalim saat pidato konsolidasi para pendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak. foto: bangsaonline.com

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur mengaku pernah ditanya KH Mujib Qolyubi, Wakil Katib Syuriah PBNU tentang sikapnya yang all out mendukung Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur.

”Kiai Mujib Qolyubi bertanya kepada saya, kenapa Kiai Asep sangat all out mendukung Khofifah. Saya, kata Kiai Mujib Qolyubi, tak percaya kalau Kiai Asep dukung Khofifah habis-habisan hanya karena Khofifah wali santri (dua anak Khofifah mondok di pesantren Kiai Asep-red). Pasti Kiai Asep punya dasar dan alasan sehingga mendukung Khofifah dengan penuh semangat,” kata Kiai Asep Saifuddin menceritakan rasa penasaran Kiai Qolyubi tentang sikapnya yang all out mendukung Khofifah.

Wajar Kiai Mujib Qolyubi penasaran, karena Kiai Asep dalam mendukung Khofifah tidak hanya memobilisasi massa, tapi juga rela menyedekahkan hartanya sampai puluhan miliar rupiah.

Kiai Asep menceritakan itu saat memberikan pidato konsolidasi pendukung Khofifah di dua tempat, yaitu di Ketemas Tunggul Wulung dan Sutorejo Pasuruan Jawa Timur, Rabu (28/3/2018).

”Saya jawab karena saya ingin menyelamatkan rakyat Jawa Timur dari pengkhianatan terhadap Allah Subhanahu Wata’ala dan Rasul-Nya,” tegas Kiai Asep lantang.

Sebab, tegas Kiai Asep, Khofifah adalah figur pemimpin yang punya kemampuan, punya integritas dan jujur. “Bu Khofifah punya banyak gagasan-gagasan besar dan mampu untuk mengaplikasikannya,” katanya. Jadi, menurut dia, Khofifah adalah pemimpin yang lebih baik ketimbang paslon lain. Karena itu rakyat Jawa Timur wajib a’in mendukung dan memilih Khofifah pada 27 Juni 2018 nanti.

Ia menukil Kitab Bujairimi ‘Alal Khatib jilid 4 halaman 318 yang menyebut: ”Barang siapa memilih seorang pemimpin, sedang rakyat yang dipimpin adalah orang-orang Islam, dan dia tahu bahwa calon pemimpin yang tidak dia pilih adalah calon pemimpin yang lebih baik ketimbang yang dia pilih, maka dia sungguh telah berkhianat kepada Allah dan Rasulnya dan kepada orang-orang mukmin.”

Kiai Asep menjelaskan, memang kitab Bujairimi Alal Khatib adalah kitab fiqh. Tapi, kata Kiai Asep, dalam kiab hadits juga ada dalil seperti itu. "Jadi dalam kitab hadits juga ada," katanya seraya menyitir hadits yang inti dasarnya sama tapi redaksinya agak berbeda.

Menurut Kiai Asep, dari dua pasangan calon hanya Khofifah yang mampu untuk menyejahterakan masyarakat Jawa Timur. Karena itu warga Jawa Timur harus memilih Khofifah. (tim)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...