​GP Ansor Surabaya Deklarasi Perangi Hoax

​GP Ansor Surabaya Deklarasi Perangi Hoax

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Maraknya fenomena penyebaran berita palsu atau hoax menjadi perhatian dari Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Surabaya.

Dalam Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Surabaya di Masjid Baiturrahman komplek Mapolrestabes Surabaya, keluarga besar Ansor-Banser mendeklarasikan perang terhadap hoax.

"Penyebaran hoax atau berita palsu itu dapat merusak tatanan sosial masyarakat. Bahkan memecah belah persatuan akibat fitnah yang disebarkan," kata Ketua PC GP Ansor Kota Surabaya Faridz Afif, Sabtu (17/3) malam.

Pria yang akrab disapa Gus Afif ini menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Anak Cabang GP Ansor yang ada di setiap Kecamatan dan Pimpinan Ranting yang ada di tiap Kelurahan se Kota Surabaya untuk mengawasi dan memerangi berita hoax. Afif berharap seluruh kader Ansor bisa menelaah dan menyaring berita yang beredar di media sosial, sehingga bisa membedakan mana berita yang benar (valid) dan mana yang tidak benar (hoax).

"Ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk memberikan kabar yang sebenarnya kepada masyarakat luas. Setiap PAC harus memiliki tim cyber dan akan dilatih oleh Cyber PC GP Ansor Surabaya," tambahnya.

Kegiatan MDS Rijalul Ansor semalam dikemas dengan Tahlil Kubro dan pembacaan Maulid Simtud Duror juga diisi dengan tausiyah oleh KH. Husni Hidayat, Lc.

"Kegiatan Rijalul Ansor ini menjadi lokomotif gerakan dakwah Islam Rahmatal Lil Alamin dan Ahlu Sunnah Wal Jamaah An Nahdliyah. Sebagai pemuda, Ansor harus siap memberikan teladan yang baik kepada masyarakat," lanjut kiai lulusan Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.

Sedangkan menurut Ketua Rijalul Ansor Kota Surabaya M. Mundir, kegiatan yang diadakan di masjid yang berada di komplek Markas Polrestabes Surabaya merupakan bentuk sinergi Polrestabes Surabaya berikut jajarannya dengan Pimpinan Cabang GP Ansor Kota Surabaya.

"Kegiatan ini merupakan silaturrahmi kita dengan unsur kepolisian. Alhamdulillah, selama ini hubungan Ansor dengan Kapolrestabes Surabaya selalu terjalin baik, termasuk dengan Kapolrestabes saat ini, Kombes Rudi Kurniawan," imbuh Mundir.

Hadir di kegiatan MDS Rijalul Ansor, Kasat Intel Polrestabes Surabaya AKBP Benny Pramono, Ketua Takmir Masjid Baiturrahman Mapolrestabes Surabaya H Supardi dan seluruh Ketua PAC GP Ansor se-Kota Surabaya. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO