​Di Jombang Rekam dan Cetak e-KTP Bisa di Kecamatan

​Di Jombang Rekam dan Cetak e-KTP Bisa di Kecamatan Penyerahan e-KTP ke warga.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Upaya untuk memberikan pelayanan cepat dana efisien di bidang administrasi kependudukan, terutama KTP Elektronik (E-KTP) terus dilakukan. Yang terbaru, Pemkab melakukan launching rekam dan cetak E-KTP di kantor kecamatan. Kegiatan ini sekaligus untuk menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Pjs Bupati Setiajit didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Purwanto dan Kepala Dispendukcapil Ahmad Syarifudin, di Pendapa Kecamatan Mojoagung, Rabu (14/3).

Pjs Bupati Setiajit dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukan menuju masyarakat yang tertib, pemerintah yang efektif dan efisien, dan negara yang memiliki daya saing.

Kepada para camat dan kepala desa, Setiajit meminta agar gencar menyosialisasikan 4 Program Pokok GISA agar warga sadar administrasi kependudukan.

Empat program itu di antaranya program sadar kepemilikan dokumen kependudukan, program sadar pemutakhiran data kependudukan. Selanjutnya program sadar pemanfaatan data penduduk sebagai satu satunya data yang dipergunakan untuk semua kepentingan, dan program sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang berbahagia.

“Nah, dalam rangka program sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bebahagia ini Dispendukcapil akan melaksanakan pelayanan pendekatan ke masyarakat dengan melakukan pencetakan E-KTP di 4 titik eks pembantu bupati, yakni Mojoagung, Ngoro, Ploso dan Kota,” katanya.

Ke depan, imbuh Setiajit, pihaknya akan berkoordinasi dengan DPRD agar bisa membantu dalam menganggarkan pembelian alat cetak E-KTP. “Jadi sementara per eks pembantu Bbpati hanya satu alat cetak. Nanti kita minta bantuan DPRD dalam penganggaran agar bisa membelikan per eks pembantu bupati dua alat cetak. Ini akan mampu melayani masyarakat dengan cepat tepat dan murah,” ungkapnya.

Ahmad Syarifudin, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengatakan, Kecamatan Mojoagung ini sebagai pilot project. Teknisnya di kantor Kecamatan Mojoagung melayani 5 kecamatan di eks pembantu bupati Mojoagung, yakni Kecamatan Sumobito, Kesamben, Peterongan dan Jogoroto.

“Setelah ini akan kita terapkan di semua eks pembantu bupati. Setelah Mojoagung nanti dilanjutkan Kota, Ngoro dan Ploso, sekarang ini masih dalam tahap persiapan, kira kira seminggu lagi sudah siap,” ujarnya.

Terakhir, Setiajit menyempatkan meninjau ruangan untuk perekaman dan pencetakan EKTP yang berada di Ruang Paten Kecamatan Mojoagung. Sekaligus menyerahkan EKTP warga yang telah jadi. “Dengan sistem ini, perekaman dan pencetakan EKTP di akan semakin cepat dan efisien,” pungkasnya. (ony/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO