​Angkringan Buku Emperan Galakkan Literasi di Bojonegoro

​Angkringan Buku Emperan Galakkan Literasi di Bojonegoro Melawan era ponsel.... foto: DHIAN/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSANONLINE.com - ABE (Angkringan Buku Emperan) adalah sebuah komunitas yang gemar menggerakkan literasi di melalui Emperan Buku.

Komunitas ini terbentuk pada tahun 2016. Meskipun umur komunitas baru dua tahun, namun sudah memberikan efek yang lebih baik untuk literasi di . Ide awal bermula dari Ririn selaku ketua komunitas yang melihat sangat kurangnya angka literasi di . Bersama dengan teman-temannya ia mendirikan komunitas literasi.

“Karena tingkat baca masyarakat yang masih rendah. Kami mencoba menghadirkan konsep perpustakaan yang baru. Di mana biasanya masyarakat yang harus ke perpustakaan, tapi di komunitas ini kita yang menjemput masyarakat. Dengan adanya komunitas ini juga sangat mambantu masyarakat untuk lebih gemar membaca,” tutur Ririn pada wawancara Rabu (07/03).

Lapak literasi biasa diadakan di alun-alun pada hari Sabtu pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB. Meskipun hanya dua jam setiap minggunya, namun antusias masyarakat sangatlah mendukung. Mulai dari anak kecil hingga pengamen sangat antusias untuk membaca buku yang telah disediakan.

“Awalnya respon masyarakat sangat tidak mendukung. Pertama kali buka tidak ada yang datang untuk membaca. Namun, setelah berminggu-minggu banyak yang mulai beradatangan. Bahkan pengamen jalanan sekarang suka membaca buku dan menjadi langganan,” ucap Ririn.

Selain membuat lapak buku, komunitas ini juga sering mengadakan kegiatan mendongeng untuk anak-anak kecil. Tujuannya untuk mengenalkan anak pada literasi sejak dini. Setiap Sabtu sore anak-anak yang bermain di alun-alun sangat antusias untuk mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh komunitas ini. Para orang tua dari anak-anak juga sangat mendukung.

Untuk kedepannya Ririn berharap semakin banyak yang berminat datang ke lapak Literasinya. Selain itu ia juga sangat berharap dengan adanya komunitas ini dapat mengingkatkan angkat literasi di . (*)

Sumber: *Dhian Bintariana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO