​Ziarah ke Mbah Ampel, Gus Ipul ingin Bangun Museum di Lokasi Wisata Religi

​Ziarah ke Mbah Ampel, Gus Ipul ingin Bangun Museum di Lokasi Wisata Religi Gus Ipul tampak membaur bersama para peziarah lainnya di depan makam Sunan Ampel. Foto: Yudi Arianto/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf () berharap seluruh tempat wisata religi bisa dilengkapi dengan museum. Hal ini dikatakan keponakan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) ini pada kunjungannya ke makam Sunan Ampel di Surabaya, Selasa (6/3).

"Kami ingin nanti ada peningkatan sarana dan prasarana. Misalnya, untuk kenyamanan para peziarah. Ke depan, harus mulai dipikirkan Museum Sunan Ampel. Jadi, ada wisata pendidikan," ujar di sela kunjungannya.

Dengan adanya museum, maka peziarah bisa juga belajar sejarah dan mengetahui profil utuh tentang makam serta budaya yang mereka kunjungi. "Ke depan, setiap makam akan dibangunkan museum. Sehingga, ketika kita bercerita tentang pahlawan, ada makamnya, juga ada bukti sejarahnya lewat museumnya. Sehingga, ke depan akan lebih mudah dalam belajar sejarah," kata dia.

Menurut , peningkatan jumlah wisatawan juga berdampak ke aspek lain. "Tempat wisata religi selain memiliki sejarah juga ikut berdampak positif ke beberapa aspek lainya," ujarnya.

Di antaranya, aspek ekonomi melalui perdagangan produk UKM (Usaha kecil menengah) masyarakat sekitar. "Ini adalah contoh tempat wisata yang menumbuhkan ekonomi kreatif. Yang wafat, menghidupi yang hidup. Hal yang menjadi perenungan kita," kata mantan ketua umum GP Ansor dua periode ini.

"Pariwisata menjadi salah satu andalan Jawa Timur ke depan. Saat ini, wisatawan dalam maupun luar negeri terus meningkat," ujar .

Ia mencontohkan untuk saat ini, jumlah wisatawan asing telah mencapai 600 ribu per tahun. Jumlah ini meningkat dari yang sebelumnya hanya sebesar 200 ribu.

Sementara untuk turis dalam negeri telah mencapai 54 juta. "Sedangkan satu di antara derah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dalam negeri adalah makam para wali," jelasnya.

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO