​Cegah Penyakit DBD, Siswa SMPN 6 Tuban Bagikan Ribuan Abate

​Cegah Penyakit DBD, Siswa SMPN 6 Tuban Bagikan Ribuan Abate Siswa SMPN 6 Tuban sedang membagi bubuk abate.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Ratusan siswa-siswi SMPN 6 Kabupaten Tuban antusias membagikan ribuan obat pembunuh jentik nyamuk (Abate) di sekitar lingkungan sekolah, tepatnya di Kelurahan Baturetno, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Minggu (4/3).

Sebelumnya, para siswa juga memberikan sosialisasi dengan memberikan penyadaran kepada warga setempat untuk terus melakukan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dimaksudkan supaya masyarakat terhindar dari ancaman berbagai penyakit, khususnya penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD). Setelah selesai sosialisasi, para siswa tersebut membagikan abate kepada warga setempat.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 6 Tuban, Salam Basuki, kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih karakter para siswa untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama manusia. Selain itu, sebagai bentuk implementasi dari program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dimana SMPN 6 Tuban menjadi satu-satunya sekolah percontohan di Kabupaten Tuban.

“Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk penguatan karakter siswa dalam bidang kemasyarakatan. Ada sebanyak 1.500 obat jenis abate yang dibagikan kepada warga sekitar sekolah,” ujar Salam yang juga sebagai penanggungjawab program PPK tersebut.

Lebih lanjut Salam menjelaskan, dengan melibatkan para siswa terjun langsung kemasyarakat dapat memberikan pelajaran dan pengalaman lebih jika dibandingkan dengan hanya belajar didalam kelas. Tak hanya itu, dengan kegiatan semacam itu, dapat menumbuhkan rasa sosial yang tinggi pada siswa.

“Kita sudah melakukan sosialisasi ini secara rutin sejak 3 tahun terakhir. Nantinya warga sekitar sekolah ini melaksanakan pola hidup sehat, sehingga dapat terhindar dari penyakit DBD,” harapnya.

Kepala Sekolah SMPN 6 Tuban Fathul Muin mengapresiasi kegiatan tersebut. "Para siswa perlu dilatih bersosialisasi dengan lingkungan sekitar untuk meningkatkan jiwa sosialnya. Hal ini dapat menumbuhkan kepedulian siswa kepada sesama dilingkungan mereka berada," katanya.

“Ini salah satu komitmen sekolah untuk terus memberikan penyadaran kepada warga sekitar pentingnya menjaga lingkungan dan pola hidup sehat. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para siswa dan warga,” pungkasnya. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO