​Perangkat Hasil P3D Wringinanom Dilantik Serentak

​Perangkat Hasil P3D Wringinanom Dilantik Serentak Wabup Moh. Qosim (tengah) bersama para perangkat usai dilantik. foto: syuhud/ bangsaonline

Gresik,BANGSAONLINE.com - Sebanyak 51 perangkat desa dari 15 desa se-Kecamatan Wringinanom hasil penjaringan dan penyaringan perangkat desa (P3D) tahun 2018 dilantik serentak. Pelantikan diadakan di Balai Desa Kepuhklagen Kecamatan Wringinanom, Senin (19/2).

Bertindak sebagai pembaca naskah pelantikan Kepala Desa Pedagangan Supranoto yang juga ketua Asosiasi Kepala Desa Kecamatan Wringinanom.

Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim yang hadir dalam pelantikan tersebut memuji Kecamatan Wringinanom karena satu-satunya kecamatan yang menyelenggarakan pelantikan perangkat desa secara serentak.

“Sejak saya menjabat, hanya Kecamatan Wringinanom yang bisa melaksanakan pelantikan perangkat desa secara serentak. Ini adalah yang pertama dan kami berharap bisa ditiru oleh kecamatan lain,” ujarnya.

Menurut wabup, ada tiga tugas utama yang harus dilaksanakan oleh perangkat desa, yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat, memberdayakan masyarakat, dan memberikan perlindungan kepada masyarakat desa.

"Perangkat sebagai bagian dari pilar demokrasi yang ada di desa harus mengemban amanat dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Sebagai pelayan harus siap kapanpun untuk melayani dengan tulus dan ikhlas," paparnya.

Camat Wringinanom Hari Syawaluddin menjelaskan pelantikan serentak sebagai langkah efisiensi, baik waktu, dana, maupun tenaga. “Usai pelantikan, mereka serentak sudah harus melaksanakan tugas. Jadi tak harus menunggu waktu lagi. Sehingga pelaksanaan pemerintahan desa di Kecamatan Wringinanom bisa berjalan sebagaimana mestinya,” katanya.

Ditambahkan dia, para perangkat yang baru dilantik kebanyakan sudah pernah bekerja. Bahkan beberapa di antaranya profesional. (hud/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO