​Kasarmatim Resmikan Pembukaan Latihan LSBA

​Kasarmatim Resmikan Pembukaan Latihan LSBA Peresmian pembukaan latihan lawan sabotase bawah air (LSBA) tahun 2018.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kas) Laksamana Pertama TNI I.N.G. Sudihartawan mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pang) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, meresmikan pembukaan latihan lawan sabotase bawah air (LSBA) tahun 2018. Acara ini berempat di Auditorium Puslatkaprang Kolat, Ujung, Ko, Surabaya, Senin (19/2).

Dalam amanat Pag yang dibacakan Kas menyampaikan, Ko sebagai Kotama Operasional mengemban fungsi TNI AL bidang pertahanan di laut. Fungsi ini dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dalam melaksanakan tugasnya dengan berpedoman pada tugas TNI AL, yaitu melaksanakan operasi militer perang (OMP) dan operasional milter selain perang (OMSP). Keberhasilan dalam pelaksanaan tugas tersebut sangat ditentukan oleh kemampuan dan profesionalisme prajurit. Untuk itu, lawan sabotase bawah air merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit.

Latihan LSBA yang berlangsung mulai tanggal 19 – 23 Februari ini untuk mewujudkan keterpaduan komando, kendali, dan komunikasi serta kerja sama taktis antarsatuan- satuan operasi dalam mempertahankan pangkalan. Latihan kali ini akan diberikan pembekalan dan materi tentang pengetahuan LSBA, komunikasi dan pengeplotan LSBA, damage control, serta handling OF detainees.

Pang juga menekankan kapada seluruh unsur dan prajurit yang terlibat latihan LSBA ini dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab. Pasalnya, latihan ini akan menentukan keberhasilan tentunya tugas TNI AL, mengingat bahwa materi yang akan dilatihkan pada dasarnya adalah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kondisi yang sebenarnya. Sehingga para prajurit memiliki kesiapan yang memadai sebagai bekal dalam melaksanakan tugas pengamanan di wilayah pertahanan Pangkalannya.

Hadir dalam acara pembukaan LSBA di antaranya Danlantamal V Laksma TNI Edi Sucipto, para asisten Pang dan para Kasatker Mako Lantamal V. (*/dispen)

Sumber: Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO