​Rumah Pintar Koarmatim Adakan Penyuluhan dan Imunisasi Difteri

​Rumah Pintar Koarmatim Adakan Penyuluhan dan Imunisasi Difteri Imunisasi difteri oleh Rumah Pintar Dolphin Koarmatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masih rangkaian kegiatan vaksinasi difteri, kali ini para siswa Rumah Pintar Dolphin Koarmatim melaksanakan vaksin difteri. Acara ini bekerja sama dengan UPTD PKM Sawah Pulo yang diketuai oleh Bidan Isti, di Ujung, Koarmatim,. Surabaya. Kamis (15/2).

“Tentunya kita patut mewaspadai bila anak tidak di maka akan membahayakan jiwanya dan orang–orang di sekitarnya. Penyakit difteri sendiri merupakan penyakit infeksi akut yang mudah menular disebabkan oleh infeksi Corynebacterium Diphtheriae,” ujarnya.

Lanjutnya, kuman yang paling sering menginfeksi saluran pernafasan, terutama bagian tansil, nasofaring (bagian antara hidung dan faring/tenggorokan) dan laring. Terdapat juga pada kulit, konjungtiva, genitalia, dan telinga. Kuman ini juga menghasilkan sebuah racun yang disebut eksotoxin yang sangat berbahaya, karena menyerang otot jantung, ginjal, dan jaringan syaraf.

Adapun penularan kuman difteri hidup pada selaput lendir rongga mulut, tenggorokan, dan hidung pada orang yang terinfeksi dengan kuman ini. Penularannya umumnya melalui udara (batuk/bersin), percikan air ludah batuk dari penderita. Bisa juga melalui benda atau makanan yang terkontaminasi Corynebacterium Diphtheriae.

Sedangkan pencegahan penyakit difteri paling efektif dengan . Di antaranya pada bayi usia 2-4 bulan, di bawah 2 tahun, usia 18 bulan, dan anak usia sekolah dasar dari kelas 1, 2, dan 5. (*/dispen)

Sumber: Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO