​Gus Ipul: Ratusan Miliar Dikucurkan Demi Benahi Madrasah Diniyah

​Gus Ipul: Ratusan Miliar Dikucurkan Demi Benahi Madrasah Diniyah Gus Ipul saat bersama Ra Kholil.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Sebagai calon gubernur Jawa Timur dengan latar belakang pesantren yang kuat, Saifullah Yusuf () menjadikan pendidikan madrasah diniyah (madin) sebagai salah satu prioritas utama dalam program-programnya.

Bahkan, keberpihakan pada pendidikan akhlak sudah dia tunjukkan selama hampir 10 tahun mendampingi Soekarwo (Pakde Karwo). Duet Pakde Karwo- selama dua periode berhasil menyalurkan ratusan miliar dana pendidikan pada madin-madin di pelosok-pelosok Jatim.

“Ini semua demi memperkuat pendidikan anak-anak kita,” kata saat hadir di Walimatul ‘Ursy pernikahan putra KH Abd Muhaimin Abd Bari, KH. Muhammad Abd Bari, di Injelan, Sampang, Rabu (14/2) malam.

Ikut hadir dalam acara tersebut, KH Aliyudin Abd Bari, KH Mutammam Abd Bari, KH Moch Kholil As’ad, KH Zainuri Sufyan, KH Moch. Tamim, dan KH. Zakki Abdulloh.

mengatakan, pendidikan akidah dan akhlak adalah yang utama. Apabila keduanya baik, maka syariatnya akan baik. Jika keimanan pada Allah sama baiknya dengan akhlak, maka dalam tindakan dalam kehidupan sehari-hari akan sama baiknya. “Kalau akidah dan akhlak beres, syariat pasti baik,” katanya.

Komitmen terhadap pendidikan madin itu bukan tanpa sebab. Saat dilantik menjadi wakil gubernur mendampingi Pakde Karwo, mendapat pesan dari para kiai. “Tolong perkuat pendidikan agama anak-anak kita. Tidak bisa kalau hanya mengandalkan sekolah umum yang cuma 3-4 jam seminggu,” kata menirukan para kiai.

Karena itu, tak akan pernah menganaktirikan madin. Begitu pula dalam pencalonannya sebagai calon gubernur Jatim bersama calon wakil gubernur Puti Guntur Soekarno. Madin akan kembali menjadi prioritas utama. Bahkan dibuatkan nama program khusus. Yakni, Madin Plus.

Kata “plus” dibubuhkan di belakang madin karena program tersebut sudah dijalankan sebelumnya. Selama dua periode bersama Pakde Karwo, sudah mengucurkan Bantuan Operasional Sekolah Daerah Madrasah Diniyah (Bosda Madin) dan beasiswa bagi hafidz/hafidzoh. “Kami akan lanjutkan dan tingkatkan dengan program Madin Plus,” katanya.

Melalui program Madin Plus, -Mbak Puti akan memperluas jangkauan penerima dan memasukkannya sebagai bantuan keuangan yang bisa diberikan secara rutin setiap tahun. “Ini bagian dari meneruskan warisan dan pesan para ulama dan kiai,” katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO